Minggu, 20 Aug 2017
La Liga

Sepak Terjang Florentino Perez Selama Jadi Presiden Real Madrid

Senin, 19 Jun 2017 20:17 | editor : Irawan Dwi Ismunanto

Florentino Perez hanya kalah dari prestasi Santiago Bernabeu selama menjadi presiden Real Madrid.

Florentino Perez hanya kalah dari prestasi Santiago Bernabeu selama menjadi presiden Real Madrid. (realmadrid.com)

JawaPos.com - Setelah dipastikan menjabat lagi sebagai presiden Real Madrid hingga 2021, Florentino Perez kini punya dua misi besar. Pertama adalah mengembalikan predikat Los Galacticos yang sempat mencuat pada awal 2000-an. Kedua adalah mengejar prestasi presiden legendaris El Real, Santiago Bernabeu.

Seperti diketahui, sedianya Real Madrid menggelar pemilihan presiden pada awal pekan ini. Namun, sampai batas waktu pendaftaran, Minggu (18/6) tengah malam, tak ada calon lain yang maju. Hasilnya, Perez tetap disahkan sebagai presiden El Real untuk periode empat tahun mendatang.

Hal itu diumumkan pihak Real Madrid pada Senin (19/6). Pria berusia 70 tahun yang pertama kali menempati jabatan presiden pada 2000, akan meneruskan tugasnya hingga 2021. Tiga periode beruntun Perez tak punya pesaing.

Pemain mahal yang pernah diboyong Real Madrid pada era kepresidenan Florentino Perez.

Pemain mahal yang pernah diboyong Real Madrid pada era kepresidenan Florentino Perez. (Marca)

Kepastian tersebut tentu tak lepas dari prestasi yang pernah diberikannya selama 17 tahun memimpin Los Blancos. Dia pertama datang pada 2000 dan langsung menciptakan era Los Galacticos dengan mengumpulkan sederet bintang dunia seperti Luis Figo, Zinedine Zidane, hingga David Beckham.

Pada 2009, setelah sempat terselip nama Ramon Calderon di jabatan presiden, dia kembali terpilih dan bertahan sampai saat ini. Selama bersama Perez, Real Madrid mengoleksi tiga gelar juara Liga Champions.

Total Perez telah berinvestasi hingga 1.309,7 juta euro. Kehadiran Perez pun membuat Real Madrid dikenal sebagai klub pemecah rekor transfer. Sebut saja saat Figo diboyong dari Barcelona senilai 60 juta euro pada 2000, Zinedine Zidane dari Juventus seharga 73,5 juta euro pada musim berikutnya.

Pada periode kedua, Perez kembeli menggebrak pasar transfer pemain dunia dengan menggaet Cristiano Ronaldo dari Manchester United senilai 96 juta euro pada 2009, bersama dengan Kaka yang didatangkan dengan mahar 65 juta euro dari AC Milan. Lalu pada 2013, giliran Gareth Bale yang dibawa ke Santiago Bernabeu dengan banderol 91 juta euro, disusul James Rodriguez pada musim berikutnya seharga 75 juta euro.

Musim panas tahun ini, Perez berpotensi kembali memecahkan rekor transfer seiring niatnya memboyong Kylian Mbappe dari AS Monaco dengan harga ditaksir mencapai 100 juta euro. Sebelumnya, dia juga sudah memastikan transfer Vinicius Junior dari Flamengo seharga 45 juta euro dan Theo dari Atletico Madrid senilai 26 juta euro.

Selama dipimpin Perez, Real Madrid juga diketahui cukup sering bergonta-ganti pelatih. Vicente Del Bosque dan Jose Mourinho menjadi entrenador dengan durasi kerja terlama, yakni memasuki tiga musim. Namun, kini Zinedine Zidane yang sudah memasuki dua setengah musim menduduki kursi pelatih Los Blancos, berpeluang memecahkan rekor terlama itu.

Total sudah 14 pelatih yang pernah bekerja sama dengan Perez sejak 2000. Dimulai dari Del Bosque yang berhasil mempersembahkan lima trofi selama tiga musim, lalu ada Jose Camacho, Vanderley Luxemburgo, Carlos Queiroz, Remon, Lopez Caro, Fabio Capello, Bernd Schuster, Juande Ramos, Manuel Pellegrini, Mourinho, Carlo Ancelotti, Rafael Benitez, hingga kini Zidane.

Total sudah 19 trofi masuk lemari gelar Real Madrid selama periode Perez. Tujuh gelar hadir pada periode pertama kepemimpinannya antara 2000 sampai 2006. Sementara, 12 gelar lain hadir sejak 2009 sampai sekarang. Sejauh ini, Perez hanya kalah dari presiden legendaris Real Madrid, Santiago Bernabeu, yang pernah mempersembahkan 31 trofi juara. 

Bernabeu mengumpulkan 16 gelar juara La Liga, 6 European Cup (Liga CHampions), 6 Copa Del Rey, 2 Copa Latinas, dan 1 Piala Interkontinental, selama periode 1943-1978, alias 35 tahun. Perez, hingga saat ini sudah 17 tahun memimpin. Sampai 2021 akan genap 21 tahun. Bukan mustahil Perez bisa menyamai atau melampaui koleksi gelar Bernabeu tanpa perlu menjalani 35 tahun periode kepresidenan. (ira/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia