Senin, 24 Jul 2017
Metropolitan
Arus Mudik 2017

Bahaya, 60 Persen Bus AKAP Tak Laik Jalan

Senin, 19 Jun 2017 17:11 | editor : Ilham Safutra

Petugas Dishub memeriks kondisi bus untuk angkutan mudik.

Petugas Dishub memeriks kondisi bus untuk angkutan mudik. (Sofyansyah/Radar Bogor/JawaPos.com)

JawaPos.com - Sepekan menjelang hari raya Idul Fitri sebagaian masyarakat sudah berangsur-angsur untuk mudik ke kampung halaman. Namun bagi yang menggunakan moda transportasi bus perlu memerhatikan armada yang ditumpangi.

Sebab pada seminggu sebelum Ramadan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mendapatkan 60 persen armada AKAP tak laik jalan. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, waktu sebelum bulan puasa pihaknya masih memberikan kesempatan kepada pihak PO bus untuk memperbaiki armada tersebut. 

"Namun kalau sampai saat arus mudik dimulai bus itu masih tidak laik operasi, langsung kami kandangkan," kata Andri seperti diberitakan Rmoljakarta.com (Jawa Pos Group), Senin (19/6).

Petugas Dishub memeriks kondisi bus untuk angkutan mudik.

Petugas Dishub memeriks kondisi bus untuk angkutan mudik. (Sofyansyah/Radar Bogor/JawaPos.com)

Andri menerangkan, pemeriksaan AKAP itu berlangsung di tiga terminal utama dan lima terminal bayangan. Seperti terminal Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, dan terminal lainnya. Saat itu tercatat 710 unit bus yang diperiksa. "Sebanyak 428 unit atau 60 persen di antaranya dinyatakan berada dalam kondisi tidak laik jalan," kata Andri.

"Selain kondisi bus, kami juga memeriksa kelengkapan administrasi kendaraan sekaligus kondisi sopir."

Nantinya, bus-bus yang dinyatakan tidak laik jalan akan diusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk segera dicabut izin operasinya. (ipk/rmol/iil/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia