Jumat, 23 Jun 2017
Music & Movie

”Insya Allah Sah” Yakin Sukses

Sabtu, 17 Jun 2017 17:40 | editor : Dwi Shintia

KOMEDI RELIGI: Dari kiri, Richard Kyle, Titi Kamal, Manoj Punjabi, dan Pandji Pragiwaksono memperkenalkan film terbaru mereka di bioskop Metropole, Jakarta Pusat.

KOMEDI RELIGI: Dari kiri, Richard Kyle, Titi Kamal, Manoj Punjabi, dan Pandji Pragiwaksono memperkenalkan film terbaru mereka di bioskop Metropole, Jakarta Pusat. (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

JawaPos.com - Libur Lebaran menjadi salah satu prime time bagi film Indonesia. Untuk tahun ini, ada empat film yang dirilis secara bersamaan pada 25 Juni mendatang. Yakni Surat Kecil untuk Tuhan, Sweet 20, Insya Allah Sah, dan Jailangkung. Insya Allah Sah menjadi satu-satunya yang bergenre komedi religi.

Film rilisan MD Pictures itu diangkat dari novel Achi TM. Berdurasi 100 menit, film itu memasang Titi Kamal (Silvi), Richard Kyle (Dion), dan Pandji Pragiwaksono (Raka) sebagai bintang utama.

Dikisahkan, Silvi adalah desainer yang jutek dan cuek. Gaya bicara yang blak-blakan dan galak membuat dia disegani. Silvi hendak bertunangan dengan Dion. Menjelang hari bahagia itu, dia terjebak di lift bersama Raka, cowok nyentrik bawahan Dion.

Cukup lama terjebak di lift, Raka menyuruh Silvi untuk berdoa. Tak disangka, selain berdoa, Silvi bernazar ingin berubah menjadi perempuan yang lemah lembut, suka beramal, dan rajin beribadah jika berhasil keluar dari lift dengan selamat. Pintu lift terbuka, lalu keluarlah mereka.

Sayang, Silvi lupa akan nazarnya. Akibatnya, berbagai kejadian tak mengenakkan yang dibalut cara kocak menimpa Silvi. Sosok Raka juga terus muncul, mengingatkan Silvi tentang nazarnya. ”Inti dari ceritanya adalah jangan sembarangan mengucapkan doa atau nazar. Pasti ada konsekuensinya,” ujar Achi di bioskop Metropole, Jakarta Pusat, Kamis malam (15/6).

Selain berakting, Titi membawakan original soundtrack (OST) film, remake lagu dangdut Judul-judulan. Istri Christian Sugiono itu berduet dengan duo Harbatah. Itu merupakan kali kedua Titi menyanyikan OST untuk film yang dimainkannya setelah Mendadak Dangdut (2006). ”Tapi, saya nggak sempat latihan vokal karena sibuk akting sama urus anak,” kata Titi.

Sejak melahirkan putra pertamanya, Arjuna Sugiono, pada 2013, Titi memang tidak ingin menyanyi lagi. Dia ingin berfokus pada akting. Namun, proyek Insya Allah Sah mengharuskan dia bernyanyi lagi. ”Untungnya, lagu dan musiknya asyik. Jadi, saya bisa enjoy pas nyanyi,” tambah Titi.

Jika Titi harus bisa menyeimbangkan akting dan menyanyi, lain halnya Pandji. Komika yang juga presenter itu harus mengubah penampilannya. Dia lantas memasang gigi palsu dan wig agar tampak kocak. ”Ini juga ada tahi lalat di deket bibir. Saya mirip Megawati atau Rano Karno?” ujar Pandji, lantas tertawa.

Film itu juga didukung para artis yang tampil sebagai cameo dan memerankan diri sendiri. Ada Reza Rahadian, Prilly Latuconsina, Ira Maya Sopha, Tanta Ginting, Deddy Mizwar, Lydia Kandou, dan masih banyak lagi. ”Total, ada 20 cameo yang memang fungsinya untuk membuat film menjadi menarik,” ujar Manoj Punjabi, produser sekaligus CEO MD Pictures.

Manoj yakin Insya Allah Sah akan sukses. Sejauh ini, dia berencana memutarnya di lebih dari 100 layar dengan target lebih dari 2 juta penonton. ”Saya pilih rilis Lebaran karena musim liburan. Genre komedi religi saya pilih karena cukup banyak yang suka dan bertepatan dengan Idul Fitri,” kata Manoj. (len/c11/ayi)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia