Jumat, 21 Jul 2017
JPG Today

Operasi Patuh Kapuas: 980 Pelanggar, 814 Ditilang, 3 Nyawa Melayang

Sabtu, 20 May 2017 00:30 | editor : Fadhil Al Birra

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok JawaPos.com)

JawaPos.com - Polresta Pontianak menjaring 980 pengendara dalam Operasi Patuh Kapuas hingga Selasa (16/5). “Dari 980 pengendara itu, 814 di antaranya ditilang dan 166 hanya ditegur. Mereka yang ditilang langsung diproses melalui e-Tilang,” kata Wakasat Lantas Polresta Pontianak AKP Selamet Januari di ruang kerjanya, sebagaimana diberitakan Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Jumat (19/5).

Pelanggaran yang lebih dominan, tidak memiliki atau membawa surat-menyurat, seperti SIM dan STNK. Kemudian kelengkapan kendaraan berupa spion, nomor polisi (KB) dan helm. “Paling banyak, tidak memiliki SIM atau saat mengemudikan kendaraan tidak membawa STNK. Rata-rata yang terjaring adalah pengguna sepeda motor,” jelas Selamet.

Faktor usia, pengendara yang terjaring tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Sebagian besar adalah remaja, termasuk pelajar. “Ya itu tadi, mereka kita tilang karena tidak memiliki SIM,” ungkapnya.

Sementara kecelakaan lalu lintas selama Operasi Patuh Kapuas berkahir pada 22 Mei lalu hanya delapan kasus. Tiga korban meninggal dunia, tiga luka berat dan tujuh luka ringan. Jika dibanding tahun sebelumnya, angka pelanggaran meningkat. 

“Terjadi kenaikan pelanggaran disebabkan rutinitas razia dan banyaknya pengendara yang tidak membatasi aturan. Termasuk pelanggar marka atau penerobos traffic light dan itu kita tilang,” tegas Selamet.

Wakasat Lantas mengimbau masyarakat untuk tertib. Khususnyadi Kota Pontianak dan Kubu Raya. Ketertiban berlalu-lintas merupakan suatu langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Tidak ugal-ugalan, mematuhi rambu-rambu lalu-lintas. 

“Menyalip tidak pada waktunya serta menerobos lampu merah itu rentan terjadi kecelakaan. Maka dari itu keselamatan berlalu-lintas dengan taat dan tertib atas aturan akan menjadi keselamatan bagi si pengendara itu sendiri,” jelasnya. (zrn/fab/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia