Jumat, 21 Jul 2017
JPG Today

Operasi Patuh Intan Jaring Ribuan Pengendara Selama Sepuluh Hari

Jumat, 19 May 2017 23:51 | editor : Fadhil Al Birra

Operasi Patuh Intan 2017.

Operasi Patuh Intan 2017. (Maulana/Radar Banjarmasin)

JawaPos.com - Operasi Patuh Intan 2017 kembali digelar dengan skala besar. Tim Gabungan dari Ditlantas Polda Kalsel, Satlantas, dan Sabhara Polresta Banjarmasin,  beroperasi menjaring pelanggar di jalan P Samudera, Kamis (18/5).

Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan mengungkapkan, pada hari kesepuluh operasi Patuh Intan 2017, sasaranya R2 dan R4. Namun R2 rentan sekali dengan kecelakaan lalu lintas, karena menurut data yang dimiliki Polda Kalsel,  kebanyakan lalin terjadi terhadap pengendara R2. 

“Hasil yang kami dapat hari ini selain menindak pelanggar lalin juga melakukan teguran simpatik,” ujar Zulpan usai giat.

Menurutnya, teguran simpatik tersebut berupa imbauan, contoh kesalahan pengendara lupa mengklik helm yang digunakannya. “Selama 10 hari operasi Patuh, total pelanggar yang didata Polda Kalsel sudah 6200 lebih dan belum termasuk razia ini,” bebernya.

Zulpan mengingatkan kepada anggotanya jangan memunculkan hal-hal yang kontra produktif, karena kegiatan ini bertujuan untuk membangun masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Jangan nanti ada polisi saat menemukan pelanggaran bukan ditilang,  malah ada damai dan lainya, ini akan kontraproduktif sehingga masyarakat muncul ketidakpercayaan masyarakat dengan petugas,” tegas Zulpan.

Sementara di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Sampai memasuki hari ke sepuluh dari 14 hari pelaksanaan Operasi Patuh Intan 2017, sudah ada 275 penindakan tilang dilakukan.

Menurut Kasatlantas Polres HSS, AKP Supriyatno, dari 275 penindakan tilang yang dilakukan, terdiri sebanyak 114 karena masyarakat tidak membawa surat izin mengemudi (SIM), 117 karena tidak membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan 44 lagi karena kendaraan bermotornya sama sekali tidak dilengkapi surat menyurat.

“Dari ratusan penindakan hampir semua kendaraan bermotor roda dua hanya beberapa yang roda empat,” ujarnya kemarin (18/5). (lan/shn/fab/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia