Jumat, 21 Jul 2017
Diet & Fitness

Rutin Olahraga Hilangkan Selera pada Junk Food

Jumat, 19 May 2017 23:08 | editor : Dwi Shintia

Ilustrasi

Ilustrasi (Pixabay)

Siapa kira, rajin berolahraga membuat kita lebih ingin makan makanan sehat. Rupanya, itulah yang terjadi pada orang yang intens berolahraga. Sebab olahraga memberi hormon kesenangan alias endorphin, sehingga orang yang rajin berolahraga merasa cukup mendapatkan kesenangan.

Sebuah tim penelitian dari Leeds University mengungkapkan hasil dari penelitian mereka, bahwa oranglaha menjadi win-win solution untuk orang yang ingin mendapatkan hidup sehat, ataupun bagi mereka yang ingin berdiet. ’’15 persen dari mereka yang rajin berolahraga kehilangan nafsu makan terhadap junk food,’’ papar Dr Graham Finlayson, pimpinan penelitian tersebut.

Tim penelitian yang mendapatkan tema tersebut selama European Congress on Obesity di Portugal melibatkan 180 partisipan berusia 18 sampai dengan 70 tahun selama satu minggu. Masing-masing diberi armband atau ban yang ditempelkan pada lengan yang memantau aktivitas fisik mereka.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang melakukan olahraga paling banyak, atau mereka yang bergerak lebih dari tiga jam sehari punya 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menginginkan makanan berlemak. Sebaliknya, mereka yang bergerak kurang dari 80 menit sehari secara signifikan lebih tertarik pada makanan berlemak tinggi.

Dr Finlayson mengatakan, terlibat dalam banyak aktivitas fisik dapat bertindak sebagai "penyangga" terhadap preferensi untuk makanan berlemak tinggi. ’’Kami dapat berspekulasi bahwa orang-orang yang telah mendapatkan kenikmatan setiap hari dari berolahraga, cenderung tidak menyerah pada godaan makanan berlemak," ucapnya. (dailymail/ina)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia