Jumat, 21 Jul 2017
Metropolitan

Bareskrim Tangkap Tiga Kurator Pengadilan yang Gasak Aset Sebesar Rp 20 Miliar

Jumat, 19 May 2017 18:45 | editor : Muhammad Syadri

Ilustrasi

Ilustrasi (pixabay.com)

JawaPos.com - Tiga orang kurator yang ada di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dibekuk Bareskrim Polri. Mereka ditangkap karena dianggap melalukan penyimpangan dalam tugasnya.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya mengatakan bahwa tiga pelaku itu bertindak sebagai kurator yang ditunjuk oleh hakim pengawas untuk melakukan kewajiban terhadap putusan Kepailitan PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jiwa (BAJ) sejak Juni 2016.

Jenderal bintang satu ini menerangkan, adapun bentuk pelanggaran yang dilakukan yakni sengaja memindahkan sebagian aset kepailitan milik PT. BAJ dengan total aset kurang lebih Rp 1,1 triliun. Itu kata Agung adalah tindakan yang melawan hukum.

"Kemudian dari hasil pencairan unit link, deposit dan lain-lain dicairkan dan diambil untuk kepentingan pribadi para tersangka," ucap dia kepada wartawan, Jumat (19/5).

Dia menuturkan, ketiga pelaku ditangkap pada Kamis (18/5) malam. Mereka masing-masing berinisial  RBP, LS, dan GH.

Agung menambahkan bahwa perbuatan pelaku bertentangan dengan tugas dan kewajiban selaku kurator, sebagaimana diatur dalam UU nomor 37 tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU dan UU nomor 40 tahun 2014 tentang Perasuransian.

Guna mempertanggungjawabkan perbutannya, ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 372 KUHP dan pasal 2, 3 dan 4  UU no.8 Tahun  2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU Jo Pasal 55, 56 KUHP. "Dari penyidikan, total kerugian akibat perbuatan para tersangka sebesar Rp 20 miliar," tukas dia. (elf/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia