Selasa, 30 May 2017
PEMENANG READERS CHOICE
Teknologi

Yang Jadul Ini adalah Game-Game Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Rabu, 17 May 2017 18:13 | editor : Dwi Shintia

JawaPos.com – Jauh sebelum ada Candy Crush, Clash of Clans, bahkan Pokemon Go, ada games-games yang menjadi ikon kejayaan masa lalu. Game-game ini juga di anggap game paling berpengaruh sepanjang masa. Kalau Anda mengingatnya bahkan pernah memainkannya dahulu, artinya sekarang Anda sudah bukan lagi remaja. Hehehe... Berikut di antaranya...

Pac-Man, 1980 – Game eksplorasi bikinan Namco ini simple namun bikin yang main ketagihan. Tugasnya mengumpulkan banyak kekuatan, bonus, dan memakan musuh. Permainan ini dianggap berpengaruh karena memiliki karakter yang mudah diingat dan sangat kuat. Dirancang oleh desainer Toru Iwatani, Pac-Man menjadi ikon yang juga laku dijual. Mulai buku, kartun, sampai kotak makanan ada Pac-Man. Pun menjadi pembelajaran bagi industri game kalau video game harus punya maskot.

Tetris, 1984 – Dirancang oleh Alexey Pajitnov saat bekerja di Akademi Sains Moscow, game puzzle ini bertujuan untuk menyusun balok-balok agar mendapat poin. Desain yang sederhana dan cara main yang mudah membuat game ini mudah diakses.

IKONIK: (Searah jarum jam) Tetris, Elite, Super Mario Bros, Pac-Man.

IKONIK: (Searah jarum jam) Tetris, Elite, Super Mario Bros, Pac-Man. (Richard Drew/AP, Graeme Robertson for the Guardian, Firebird, Nintendo.)

Elite, 1984 – Dirancang selama dua tahun, game mengenai peperangan di antariksa ini memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk hidup di antara bintang-bintang.

Super Mario Bros, 1985 – Nintendo sudah populer dengan platform game berkonsep seperti Donkey Kong dan Mario Bros. Tetapi, Super Mario Bros lah yang paling kena untuk penggemar game. Musuh-musuhnya, level permainannya, dan berbagai bonus, bikin Mario Bros tidak pernah dilupakan. Game ini dianggap pencinta game sebagai salah satu permainan sempurna yang fun.(theguardian/tia)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia