Selasa, 30 May 2017
PEMENANG READERS CHOICE
Teknologi

Simak Nih Kecanggihan Server UI, Tak akan Kena Ransomware "Wannacry"

Senin, 15 May 2017 22:45 | editor : Fadhil Al Birra

Ilustrasi

Ilustrasi (Pixabay.com)

JawaPos.com - Seluruh perkantoran dan pusat pelayanan publik membentengi sistem server masing-masing agar tidak terserang teroris siber yang menyebarkan virus ransomware "Wanna Cry". Salah satunya dunia pendidikan di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN).

"Kami sudah mengantisipasi hal ini oleh Direktorat Sistem Teknologi Informasi Universitas," kata Kepala Humas dan Kantor Informasi Publik UI Rifelly Dewi Astuti kepada JawaPos.com, Senin (15/5).

Mengutip pernyataan Direktur Sistem dan Teknologi Informasi UI Wahyu Ardianto, Rifelly menjelaskan bahwa secara aplikasi level UI aman. Karena server-server di UI memakai operating system non-windows. 

"Yang berikutnya port-port yang rentan telah diblok. Yang berikutnya UI punya firewall yang cukup canggih yaitu Palo Alto," tegas Rifelly. 

Rifelly menambahkan, UI memiliki lisensi kampus untuk Microsoft dan bukan bajakan. Sehingga tidak ada alasan memakai MS Windows bajakan yang tidak bisa diupdate.

"Windows 10 yang telah di patch bulan Maret cukup aman terhadap serangan Ransomware," tegasnya.

Tak hanya universitas, sejumlah perkantoran juga meningkatkan keamanan server mereka dengan arahan yang disosialisasikan pemerintah, termasuk keamanan data perbankan. 

Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Center (ID-SIRTII) jug mengimbau agar perkantoran mewaspadai ancaman penyebaran virus Ransomware "Wannacry". 

Caranya agar PC-PC dan bentuk komputer personal dan jaringan lainnya tidak terhubung ke LAN dan internet dulu. Masyarakat diminta terlebih dahulu melakukan backup data penting. (cr1/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia