Minggu, 30 Apr 2017
JPG Today

Sosialisasikan 4 Pilar, Nusyirwan Sampaikan Pesan Penting Ini

Jumat, 21 Apr 2017 23:02 | editor : Imam Solehudin

Anggota Komisi V DPR , Nusyirwan Soejono saat menggelar sosialisasi empat pilar di Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (17/4) lalu.

Anggota Komisi V DPR , Nusyirwan Soejono saat menggelar sosialisasi empat pilar di Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (17/4) lalu. (Ist for JawaPos.com)

JawaPos.com - Pancasila memiliki peranan penting dalam membangun karakter bangsa. Nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan seluruh warga dalam  kehidupan sehari-hari. Sebab, di dalam Pancasila, terkandung lima pilar penting yang merepresentasikan jati diri bangsa. Salah satunya terkait persatuan dan kesatuan.  

Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota DPR Komisi V DPR, Nusyirwan Soejono ketika menggelar acara sosialisasi empat pilar di Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (17/4 ) lalu. 

Menurut Nusyirwan, dalam konteks menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), penting untuk kembali mengingat sejarah para pendiri bangsa ketika merumuskan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Mereka, yang notabene berasal dari berbagai daerah, rela melepaskan atribut kedaerahannya demi Indonesia.   

"Karena apa? Mereka sadar bahwa ada komitmen yang besar untuk sama-sama bersatu dalam bingkai Indonesia," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/4). 

Dia menambahkan, Pancasila menjadi klimaks dari fondasi Sumpah Pemuda yang digagas para pendiri bangsa."Maka dari itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat, terutama di dapil (daerah pemilihan) saya, untuk kembali membuka sejarah. Resapi nilai-nilainya, jangan dilupakan begitu saja," ungkap legislator asal Dapil Jateng V ini. 

Nusyirwan berharap ke depan, pengajaran empat pilar disampaikan secara luas. Dengan kata lain, konsep pengajarannya disesuaikan dengan segmentasi masyarakat. 

"Harus inovatif (penyampaiannya). Supaya materi ini bisa diserap, tidak sekedar teori saja. Diimpelentasikan dalam kehidupan sehari-h ari," pungkasnya.(mam/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia