Rabu, 28 Jun 2017
Humaniora

Korlantas Siapkan Antisipasi Kemacetan Kawal Libur Panjang

Jumat, 21 Apr 2017 21:00 | editor : Muhammad Syadri

Kakorlantas Irjen Pol Roycke Lumowa

Kakorlantas Irjen Pol Roycke Lumowa (Elfany/Jawa Pos.com)

JawaPos.com - Memasuki libur panjang, Korlantas Polri mulai melakukan berbagai persiapan. Hal ini menghindari adanya kemacetan parah di sejumlah ruas yang dianggap rawan.

Kakorlantas Polri, Irjen Roycke Lumowa mengatakan, mereka telah menjalin komunikasi dengan polda-polda kedaerahan mengantisipasi penumpukan kendaraan. "Dalam hal ini Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Banten, Polda Lampung, Polda Jawa Tengah, dibackup Korlantas Polri, kami menyiapkan agar lalin libur yang cukup panjang ini lancar, nyaman, aman sampai tujuan," ucap dia di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (20/4).

Lanjut dia mengatakan, mereka juga menyiagakan personel di titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Menurut dia, petugas dikerahkan di pintu masuk-keluar Tol Tanggerang, Jagorawi, hingga Cikampek.

"Kami sudah membagi personil baik ke arah tol Tanggerang, Jagorawi, Cikampek dan ke arah Cipularang, dan seterusnya arah Cirebon menuju Jawa Tengah," ucap dia.

Personel kata dia selain menjaga pintu tol, juga menjaga kelancaran warga menuju tempat wisata. Hal ini dilakukan supaya perjalanan warga menuju lokasi wisata tidak terhambat arus lalu lintas yang padat. Mantan Kapolda Papua Barat ini memprediksi, kepadatan masyarakat menuju lokasi wisata terjadi pada hari Sabtu dan Minggu.

"Kalau dalam kota, tentu pasti, kita sudah tahu, Ragunan, Ancol, Taman mini, Monas, begitu juga tempat wisata di Bandung, jangan kan arus longweekend, hari-hari biasa saja sudah," ujarnya.

Untuk jajaran Polda kewilayahan, kata Roycke, polisi menyiapkan total 945 personel. Kemudian ditambah dari jajaran Korlantas Polri yang menyiagakan 500 personelm

"Di masing-masing Polda, di polda saja hampir seribu, 945 personel. Kemudian masing-masing polda hampir sama Jawa Barat, Lampung, Banten, dan Jawa Tengah. Kami dari korlantas juga memberikan BKO (Bantuan Kendali Operasi), back up," tukas dia. (elf/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia