Jumat, 21 Jul 2017
Pendidikan

UI Siap Luncurkan Rumah Sakit Pendidikan

Jumat, 21 Apr 2017 14:34 | editor : Muhammad Syadri

Salah satu ruang perawatan di RSUI

Salah satu ruang perawatan di RSUI (Istimewa)

JawaPos.com - Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) memiliki peran yang strategis untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG’s). Pemberdayaan RSPTN ke depan harus berkontribusi menjawab tantangan pelayanan kesehatan, riset dan pendidikan. Setelah 12 RSPTN sudah beroperasi, kini giliran Universitas Indonesia (UI) siap meluncurkan RS Pendidikan tipe B.

Direktur RSUI Julianto Witjaksono menjelaskan saat ini pembangunan sudah mencapai 92 persen dan siap beroperasi pada awal 2018. RSUI merupakan RSPTN pertama di Indonesia yang mempunyai konsep dan rancang bangun sebagai fasilitas pelayanan kesehatan satu atap (One Stop Health Services), mulai dari pelayanan primer, sekunder hingga pelayanan unggulan.

"Sebagai rumah sakit pendidikan pertama di Indonesia yang mengakomodasi konsep patient safety serta berakreditasi internasional, kami akan berperan sebagai pengampu bagi rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Depok dan sekitarnya untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi," tegas Julianto dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4).

Kolaborasi penyelenggaraan pelayanan, pendidikan dan penelitian menjadi visi RSUI untuk menjadi menjadi rumah sakit berkelas dunia pada 2025. RSUI mempersiapkan pembentukan berbagai pusat pendidikan–penelitian (research institute) yang akan menjadi cikal bakal suatu pelayanan unggulan.

RSUI memiliki peralatan medis terkini (state of the art of medical equipments) untuk menyelenggarakan penelitian klinik, penelitian operasional dan penelitian biomedik yang akan melahirkan inovasi dalam deteksi dini penyakit, pengobatan, perawatan, dan pemulihan kesehatan. Rektor UI Muhammad Anis menambahkan UI memiliki beragam keilmuan di antaranya Rumpun Ilmu Kesehatan yang menghasilkan SDM tenaga kesehatan yang berkualitas dan turut membantu pemerintah membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sehat.

"Diharapkan RSUI dapat menjadi rumah dakit yang memberikan pelayanan kesehatan namun juga turut menjadi lokomotif RS Pendidikan di Indonesia yang produktif menghasilkan riset bidang kedokteran dan kesehatan yang valid dan berkualitas," tutup Anis. (cr1/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia