Minggu, 20 Aug 2017
Lifestyle

Gaya Kartini Masa Kini Versi Desainer Barli Asmara

Jumat, 21 Apr 2017 14:40 | editor : Fadhil Al Birra

Barli Asmara (baju hitam).

Barli Asmara (baju hitam). (Dokumentasi Wardah)

JawaPos.com - Raden Ajeng Kartini adalah sosok wanita tangguh yang cinta budaya Indonesia. Setiap saat Kartini selalu bangga mengenakan busana kebaya dan sanggul. Kini, kebaya semakin modern dipadukan dengan berbagai aksesori dan model.

Bagi Desainer Fesyen Barli Asmara, gaya busana Kartini masa kini justru lebih berani berekspresi dengan berbagai macam warna tanpa melupakan kain nusantara. Setiap busana apapun, kata dia, harus bisa terasa nyaman dan menjadi diri sendiri bagi penggunanya.

"Percantiklah diri Anda dengan menggunakan kain nusantara, sebagai tanda menjadi wanita seperti Kartini di zamannya," tegas Barli kepada JawaPos.com, Jumat (21/4).

Barli menambahkan, jangan takut untuk berkreasi dengan berbagai aksesori yang memiliki unsur nilai sejarah. Sehingga tampilan akan lebih menghargai budaya dan warisan lokal. "Misalnya gaya vintage itu adalah gaya yang mempunyai nilai," ungkapnya.

Barli meminta kepada semua pecinta fesyen untuk menghargai karya anak bangsa dan cinta produk Indonesia salah satunya kain batik. Padu padan batik dengan sesuatu yang modern, kata dia, akan menjadi semakin manis dan kekinian. "Styling encim atau kebaya Kartini dengan Loose dengan gaya yang lebih modern tanpa harus terkesan old fashion," papar Barli.

Untuk tatanan rambut saat ini semakin banyak karyawan perempuan yang menata rambutnya hanya dengan gaya cepol. Gaya rambut cepol saat ini tidak terlihat kuno justru membuat gaya itu menjadi tren.

"Bisa terinspirasi cepol dan slick rambut dengan menggunakan blazer-blaxer modern dan celana palazo lalu dalamnya blouse dengan kerah kebaya-kebaya Kartini," tuturnya. (cr1/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia