Kamis, 27 Apr 2017
Women's

Hebatnya Kartini Era Digital!

Jumat, 21 Apr 2017 13:54 | editor : Yusuf Asyari

Devie Rahmawati

Devie Rahmawati (Ist for Jawapos.com)

JawaPos.com - Perempuan hebat masa kini dapat mengerjakan berbagai peran ganda. Para ibu rumah tangga masih bisa mengurus dapur dan rumah tangganya di sela-sela kesibukannya meniti karir. Itulah hebatnya sosok Kartini masa kini.

Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati menjelaskan era digital adalah eranya perempuan. Hal itu karena karakter dunia digital bertumpu pada tiga kata kunci yaitu koneksi, kolaborasi, dan komunikasi.

"Ini adalah karakter dasar yang menjadi DNA yang dimiliki perempuan," tegas Devie kepada JawaPos.com, Kamis (21/4).

Menurut penulis buku 69 Panduan Humanis Menghadapi Wartawan ini, dalam studi panjang tentang perempuan, terbukti perempuan memiliki sensivitas sosial yang tinggi. Perempuan saat ini memiliki kelenturan menghadapi tekanan.

"Perempuan juga memiliki kemampuan membangun jaringan, yang ke semuanya menjadi kebutuhan strategis untuk menjadi warga digital yang sukses," kata ibu dua anak ini.

Keunggulan lain yang dimiliki perempuan, kata Devie, ialah kemampuan perempuan memegang kendali di depan dan belakang panggung publik. Menurut Devie karena kepemimpinan perempuan bukan tentang sorot cahaya popularitas tetapi pada kualitas kehidupan yang dibangun perempuan untuk orang lain.

"Karena sejatinya perempuan adalah obor yang selalu siap membagikan cahaya kearifan dan kekuatannya bagi banyak orang," tegasnya. (cr1/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia