Senin, 26 Jun 2017
JPG Today

Hebat, Lapas Sampit Khatam Alquran Massal

Jumat, 21 Apr 2017 11:55 | editor : Fadhil Al Birra

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok JawaPos.com)

JawaPos.com - Warga binaan di Lapas Klas IIB Sampit menggelar khatam Alquran massal. Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di Lapas Klas II B Sampit, tetapi juga serentak di seluruh Lapas di Indonesia, Kamis (20/4). Acara tersebut merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham bekerja sama dengan Nusantara Mengaji.

”Dalam rangka ulang tahun LP ini, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) berusaha memecahkan rekor khatam Alquran," kata Kepala Lapas Klas IIB Sampit M Khaeron, pada pelaksanaan kegiatan di halaman Lapas Klas IIB Sampit, Kamis (20/4).

Untuk Lapas Sampit, lanjutnya, pihaknya mulai dengan membaca Alquran sebanyak 5 mushab, diakhiri khatam Alquran bersama-sama. Setelahnya, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan tausiyah oleh ustad Dahlawi, sekaligus memperingati Isra Mikraj.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan, sehingga para binaan dapat menambah keimanan. Selain itu, kegiatannya bertujuan agar dapat menunjang kegiatan mereka setelah bebas nanti," imbuhnya. 

Selama ini, Khaeron menuturkan, pihaknya telah memberikan pelatihan kepada warga binaan secara duniawi. Untuk mengimbanginya, mereka memberikan pelatihan ukhrawi dalam bentuk siraman rohani untuk meningkatkan iman warga binaan, sehingga ke depannya tidak lagi mengulangi kesalahannya.

"Artinya setelah mereka tahu semua itu, begitu bebas mereka tidak lagi menjadi residivis, tetapi menjadi manusia yangg produktif dan aktif dalam pembangunan di lingkungan masyarakat," tandasnya. (sei/fab/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia