Minggu, 30 Apr 2017
Teknologi

Canggih, Linksys Smart Wi-Fi Dilengkapi Fitur Parental Control

Minggu, 09 Apr 2017 11:25 | editor : Fadhil Al Birra

Linksys Smart Wi-Fi

Linksys Smart Wi-Fi (Istimewa)

JawaPos.com - Linksys kembali meluncurkan produk router terbarunya. Perangkat Smart Wi-Fi ini memiliki fitur-fitur unggulan yang sangat dibutuhkan untuk akses internet.

Fitur Smart Wi-Fi ini antara lain tersedia pada perangkat EA2750 N600 DUAL-BAND SMART Wi-Fi ROUTER, yang mampu menghadirkan kecepatan nirkabel lebih kencang dan fitur-fitur terbaru untuk jaringan rumah yang lebih hebat.

Wi-Fi Router Linksys N600 menawarkan pengalaman nirkabel berkecepatan N300 + N300, dengan simultaneous dual bands (2.4 dan 5 GHz) memberikan bandwith ganda dan meminimalkan interfensi, dengan memaksimalkan throughput.

Quality of Services (QoS) memprioritaskan traffic untuk streaming video yang tanpa jeda. Dua antena eksternal dapat diatur untuk performa dan area cakupan yang maksimal. EA2750 dilengkapi dengan empat port LAN Ethernet Gigabit, satu port WAN ethernet gogabit dan satu port USB 2.0 bagi pengguna yang menginginkan media penyimpanan eksternal dan peralatan digital lainnya.

Lebih istimewa lagi, perangkat ini membawa keunggulan fitur Linksys Smart Wi-Fi dengan Network Map yang memungkinkan pengguna untuk mengatur jaringan rumah. “Dimanapun Anda tengah beraktivitas, perangkat ini mampu memonitor aktivitas jaringan di rumah Anda, memprioritaskan berbagai perangkat yang ada di rumah, termasuk website yang tengah dibuka, mengontrol akses dan konten yang dibuka, bahkan membuat jaringan khusus yang terpisah dan terproteksi untuk tamu Anda di rumah,” ujar Veroniaty Chang, Sales Manager Linksys Indonesia dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Minggu (9/4).

Keunggulan Linksys Smart Wi-Fi ini juga menyuguhkan fitur keamanan terkini dan parental control yang dapat memberikan jaminan keamanan jaringan untuk siapa saja yang berada dalam sistem. Pengguna juga dapat memprioritaskan perangkat atau website untuk streaming video dan game online, mengoptimalkan parental control untuk memblokir konten yang tidak pantas, memonitor dan memantau aktivitas jaringan hingga mengatur on/off akses Wi-Fi ke perangkat.

Guest Access

Fitur ini akan mengizinkan tamu untuk menggunakan koneksi Wi-Fi milik Anda. Hal ini bukan berarti tamu dapat mengakses seluruh jaringan yang ada, namun perangkat yang mereka gunakan tidak ikut membebani performa jaringan rumah Anda dan memperbesar risiko pelanggaran keamanan atau isu teknis lainnya. Cukup nyalakan  jaringan tamu di router Anda untuk membuat tambahan SSID agar dapat diakses oleh Sang Tamu, dan kemudian gunakan aplikasi Linksys untuk membagikan password jaringan yang baru kepada para pengunjung melalui pesan singkat atau email.

Parental Control

Fitur ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan dalam aplikasi Linksys Smart Wi-Fi karena dapat membantu orang tua untuk mematikan perangkat Wi-Fi, baik saat di rumah maupun kala bepergian. Selain itu fitur ini juga dapat digunakan untuk memblokir website pada perangkat tertentu.

“Sehebat apapun Anda berusaha untuk menjaga keamanan anak-anak Anda saat mereka online, tak mungkin Anda akan selalu berada di sebelahnya saat mereka menggunakan perangkat Wi-Fi-nya. Hal inilah yang dapat dilakukan oleh fitur parental control. Dengan aplikasi Linksys ini, sangat mudah untuk memastikan jaringan yang ada bersih dan aman bagi setiap penggunanya,” terang Veroniaty.

Orang tua juga dapat melakukan penjadwalan untuk memblokir akses pada masing-masing perangkat yang berada dalam jaringan Wi-Fi di rumah. Sebagai contoh, setiap harinya orang tua dapat menggunakan fitur Parental Control untuk menjadwalkan pemblokiran internet pada jam-jam belajar atau saat makan malam bersama keluarga. Fitur ini memastikan bahwa anak-anak akan menggunakan internet sesuai dengan kebutuhannya, dan tentunya akan memberikan ketenangan pada kedua orang tuanya.

Device Prioritization

Di dalam rumah yang menggunakan berbagai macam perangkat, seperti komputer, smartphone, tablet atau perangkat lain yang terhubung dengan internet, router yang Anda miliki tak dapat selamanya mengetahui perangkat mana yang paling menguras kuota Anda. Apakah Anda dapat merasakan bahwa koneksi Netflix yang anda tengah gunakan terganggu saat Anda tengah mengunduh file di laptop atau anak-anak Anda tengah bermain game online? Dengan menggunakan aplikasi Linksys Smart Wi-Fi Anda dapat memastikan bahwa Smart TV yang ada di ruang keluarga akan mendapatkan prioritas pertama meskipun perangkat lainnya sama-sama menggunakan bandwidth yang tersedia. (fab/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia