Kamis, 27 Apr 2017
Pendidikan

Komitmen Belinda Novita Rintis Usaha, Dagangan Di-Handle Sore

Senin, 20 Mar 2017 21:22 | editor : Suryo Eko Prasetyo

WIRAUSAHA: Belinda Novita Utomo sedang membenahi lapak tas Minggu (19/2) di Atrium Surabaya Town Square (Sutos).

WIRAUSAHA: Belinda Novita Utomo sedang membenahi lapak tas Minggu (19/2) di Atrium Surabaya Town Square (Sutos). (Allex Qomarulla/Jawa Pos/JawaPos.com)

MERINTIS bisnis dengan omzet puluhan juta tidak membuat Belinda Novita Utomo meninggalkan pendidikan. Menurut dia, ilmu tetap penting untuk menunjang masa depan. Apalagi, dia juga melanjutkan studi di jurusan manajemen bisnis.

Mata kuliah yang didapat di Universitas Narotama tersebut banyak membantu kelancaran bisnis tas yang dijalankan. Misalnya, mengenai strategi pemasaran, iklan, dan pengaturan keuangan. Hal tersebut membantu Belinda untuk meminimalkan kerugian karena faktor-faktor tertentu.

Untuk menarik minat pembeli, Belinda berusaha meng-update barang dagangannya dengan model-model baru. Sementara itu, produk lama dijual dengan diskon. ”Jadi, barang tidak menumpuk terlalu lama,” terang mahasiswa semester enam tersebut.

Tas Khas Belinda

Tas Khas Belinda (Allex Qomarulla/Jawa Pos/JawaPos.com)

Beberapa tas juga pernah dipakai sendiri. Tujuannya, sebagai promosi. Belinda berupaya menjaga kepuasan customer. ”Kalau puas, mereka nanti merekomendasikan produkku kepada teman-temannya. Promosi gratis, hehehe,” ungkapnya.

Orang tua Belinda mendukung usaha yang dilakukan buah hatinya itu. Mereka menyemangati ketika anak keduanya tersebut patah semangat. Namun, sang mama, Sutikah Suhartini, berpesan agar Belinda tetap mencari pekerjaan lain. ”Kalau bisa kerja, bisnis juga jalan,” tutur penyuka warna marun itu.

Dia berupaya selalu menyeimbangkan antara kuliah dan bisnis. Pagi hingga siang, dia biasanya berkuliah. Saat sore, dia mengurus barang dagangan dan toko. Saat malam, Belinda mengerjakan tugas-tugas. Sampai sekarang, dia enjoy mengerjakan semua itu.

Untuk penjualan online, dia mempekerjakan seorang admin. Tugasnya meng-upload produk-produk baru dan melayani pertanyaan serta pesanan customer. Belinda juga bisa menerima pesanan, tapi dilayani setelah jam kuliahnya berakhir. (ant/c16/jan/sep/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia