Jumat, 31 Mar 2017
Music & Movie

Siapa yang Didukung Veranda di Pemilu JKT48? Ini Jawabannya

Senin, 20 Mar 2017 07:15

Jessica Veranda (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

JawaPos.com – Sebelum benar-benar lulus dari JKT48, Jessica Veranda punya niat mulia. Dia ingin membantu agar tiga member yang selama ini kesulitan di ’’pemilu’’ Senbatsu Sousenkyo (SSK) bisa mendapat posisi bagus. Entah akhirnya masuk di tim Senbatsu (urutan 1-16), atau Under Girls (urutan 17-32).

Niatan untuk membantu itu sudah dia sampaikan saat merilis single So Long di Teater JKT48, Rabu (8/3). Saat itu, Veranda bilang ingin membantu dengan memberikan suara kepada tiga orang. Siapa dia, saat itu gadis yang akrab disapa Ve tersebut masih belum mau menjawab jelas.

Usai konser Believe yang digelar di Surabaya, Sabtu (18/3), Jawa Pos berkesempatan untuk menanyakan lagi. Sebab, saat pengumuman hasil sementara disampaikan dan Shania Gracia mendapat peringkat empat, Veranda terlihat sangat senang. Dia mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi.

Perempuan kelahiran 19 Agustus 1993 itu mengatakan, kegembiraan itu karena sudah menganggap Gracia seperti adik sendiri. Kalau Gracia sukses, bisa dipastikan Veranda pun ikut senang. Namun, dia memastikan tiga suara yang akan diberikan bukan untuk member Tim KIII itu. ’’Aku tahu fans Gracia banyak melihat dari suksesnya dia di senbatsu kemarin,’’ ujarnya.

Itulah kenapa, Veranda memilih untuk percaya pada Gracia dan penggemarnya yang diyakini sudah tahu harus berbuat apa. Terbukti pada pengumuman tahap pertama yang membawanya di peringkat empat. ’’Waktu yang dia meluk aku setelah ngumumin graduate, aku bilang sama dia. Kamu di Sousenkyo tahun ini harus bisa naik yah posisinya,’’ imbuhnya.

Jessica Veranda saat menyanyikan Perbuatan Angin Malam di konser Believe Surabaya, Sabtu (18/3).

Jessica Veranda saat menyanyikan Perbuatan Angin Malam di konser Believe Surabaya, Sabtu (18/3). (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Bassis JKT48 Band itu menambahkan, yang sebenarnya ingin dia lihat masuk Senbatsu atau Under Girls adalah Sonia, Frieska, dan Rachel. Untuk Sonia dan Frieska, karena mereka satu generasi. Sedangkan untuk Rachel, didukung Veranda karena pernah satu tim di Tim J.

’’Kadang pas aku sukses, tapi teman-teman seperjuangan aku nggak, jadi sedih sendiri,’’ ucapnya. Apalagi, generasi satu JKT48 saat ini sudah bisa dihitung dengan jari. Veranda tahu, membuat mereka bertiga berada di tim Senbatsu atau Under Girls bukan hal mudah.

’’Aku cuma berharap mereka bisa masuk Sousenkyou tahun ini. Jadi, sebelum mereka graduate aku juga ingin mereka bisa merasakan apa yang aku rasakan sebagai member terpilih. Masuk di video musik, punya kostum sendiri,’’ katanya.

Meski demikian, dia tidak mau memaksakan penggemarnya untuk mengalihkan suara kepada Sonia, Frieska, maupun Rachel. Menurut desainer album ke-2 JKT48 Mahagita itu, SSK 2017 adalah ajang milik penggemar. Dia tidak mau intervensi.

’’Aku nggak minta, apalagi maksa fans aku untuk vote mereka. Karena sekali lagi, ini vote dari fans. Ini kesempatan fans untuk memilih sendiri siapa yang mau mereka dukung, bukan karena paksaan ataupun suruhan orang lain,’’ urainya.

Veranda membuktikan hal itu dengan memberikan vote kepada Sonia, Frieska, dan Rachel, Minggu (19/3). Masing-masing, diberi tiga suara oleh Veranda. Sonia yang senang atas dukungan itu lantas mengunggah percakapan Veranda dengannya di Twitter. ’’Makasihh yaa kak vee aku pasti semangattt semoga tahun ini ada #kesempatan yaaa!,’’ tulisnya lewat akun @soniaJKT48. (dim)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia