Jumat, 31 Mar 2017
Finance

BRI Bagikan Dividen Rp 10,48 T Untuk Tahun Buku 2016

Kamis, 16 Mar 2017 01:10

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok JPNN)

JawaPos.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) berencana membagikan dividen sebesar Rp 10,48 triliun, atau  Rp 428 per lembar saham untuk tahun buku 2016. Total dividen yang dibagikan mencapai 40 persen dari laba bersih yang dihimpun sepanjang tahun lalu yang  mencapai Rp 26,19 triliun.  

"Dalam RUPS, pemegang saham menyetujui pembagian dividen sebesar 40 dari total laba bersih yang dihimpun perseroan  untuk tahun buku 2016," ujar Wakil Dirut BRI Sunarso kepada pers seusia RUPS perseroan di Jakarta, Rabu (15/3).

Sunarso mengatakan bahwa sisa laba bersih untuk tahun buku 2016 yang mencapai Rp 15,72 triliun digunakan sebagai saldo ditahan. "Dana itu akan kita gunakan untuk mendukung ekspansi perseroan ke depan," katanya.

Pembagian dividen sebesar 40 persen dari total laba bersih dipastikan tidak akan mengganggu rasio kecukupan modal BRI. "Dengan memperhitungkan pembagian dividen, CAR tetap terjaga di level 20 persen sehingga bisa tetap melakukan ekspansi hingga 2019," katanya.

Pada bagian lain, Sunarso mengatakan bahwa ke depan BRI tetap fokus pada pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) seperti yang telah digelutinya selama RUPS lama ini.

Tahun ini, katanya, BRI berharap bisa menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp 71 triliun dengan memfokuskan pada sektor produktif sehingga bisa mendukung pergerakan perekonomian di sejumlah wilayah di Indonesia. "Kita optimis target KUR sebesar Rp 71 triliun bisa dicapai tahun ini," katanya.

Dalam RUPS juga disetujui pergantian jajaran direksi dimana posisi direktur utama dijabat oleh Suprajarto menggantikan Asmawi Syam yang telah memasuki masa pensiun, sementara posisi komisaris utama dijabat oleh Adrinof A Chaniago menggantikan Mustafa Abubakar.(nas/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia