Sabtu, 24 Jun 2017
Music & Movie

Ke Mana Suara Penggemar Veranda di "Pemilu JKT48"? Ini Pesan Sang Idol

Rabu, 08 Mar 2017 19:13 | editor : Dhimas Ginanjar

Member generasi satu yaitu Beby, Nabilah, Melody, Ayana, Kinal dan Shania memeluk Veranda yang memutuskan lulus dari JKT48 usai merilis single So Long di Teater JKT48. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

JawaPos.com – Grup idola JKT48 baru saja mengumumkan dimulainya senbatsu sousenkyo atau pemilihan member untuk menyanyikan single ke-17. Mulai hari ini, Rabu (8/3) hingga 20 April, penggemar sudah bisa memberikan suara kepada idolanya. Yang menarik, di pemilihan tahun ini, penggemar akan mendapat tiga besar baru.

Sebab, Veranda yang dua tahun berturut-turut menjadi member paling favorit sudah mengumumkan lulus dan tidak mengikuti senbatsu sousenkyo. Urutan kedua, yakni Ghaida Farisya sudah lebih dulu meninggalkan JKT48. Sedangkan posisi ketiga didapat Haruka Nakagawa yang tak lagi berseragam JKT48 pada 1 Januari 2017.

Saat menjadi member terpopuler di senbatsu sousenkyo 2016, Veranda berhasil mendapatkan 42.005 ribu suara. Kini, member yang akrab disapa Ve itu tidak akan mengikuti ajang pemilihan. Lantas, akan dikemanakan suara para penggemar gadis yang berulang tahun tiap 19 Agustus itu?.

Saat memperkenalkan single So Long di Teater JKT48, Ve ingin agar penggemarnya tetap memberikan dukungan pada member lain. Saat disinggung apakah ada keinginan khusus agar penggemarnya memberikan suara ke siapa, Ve tidak menjawab dengan terang. Untuk sementara ini, dia hanya memberi kode.

’’Aku punya planning sendiri dengan membeli tiga CD. Aku akan vote untuk orang-orang yang selama ini belum pernah masuk senbatsu atau undergirls. Semoga fans juga berpikir seperti itu,’’ katanya menjawab pertanyaan Jawa Pos.

Kinal memeluk Veranda usai mengumumkan kelulusan di handshake festival single Luar Biasa, Sabtu (4/3).

Kinal memeluk Veranda usai mengumumkan kelulusan di handshake festival single Luar Biasa, Sabtu (4/3). (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Ve mengatakan, tidak enak kalau harus mengatakan secara langsung siapa member yang dia maksud. Entah apakah saat senbatsu sousenkyo berlangsung dia akan memberikan informasi lebih lanjut atau tidak soal pilihannya. Yang jelas, Ve berharap agar penggemar punya pikiran yang sama.

Kode itu semakin benderang jika dikaitkan dengan pernyataan Ve usai mini konser di handshake festival single Luar Biasa. Saat itu, dia memutuskan tidak berpartisipasi di senbatsu sousenkyo 2017 karena ingin memberikan kesempatan pada teman-temannya.

’’Aku sedih banget, ada teman-teman seperjuangan generasi satu (yang) nggak masuk senbatsu atau undergirls. Mungkin ini jalan yang terbaik juga,’’ katanya, Sabtu (4/3).

Jika yang dimaksud Veranda untuk menolong teman-teman seperjuangan generasi satu, maka bisa jadi itu merujuk pada Sonia Natalia dan Frieska Anastasia Laksani. Sebab, sejak ajang pemilihan pada 2014, 2015, dan 2016, Sonia belum sekalipun masuk tim senbatsu (urutan 1-16) maupun undergirls (17-32).

Sedangkan bagi Frieska, capaian terbaiknya adalah pemilihan member single ke 10 yang diadakan pada 2015. Adik dari GM Teater JKT48 Melody Nurramdhani Laksani itu berhasil finis di peringkat 19 dengan 10.025 suara. Jika dugaan itu benar, lantas suara dari 1 CD lagi yang dibeli Veranda akan diberikan kepada siapa ya?. Yang paling penting, apakah penggemar mau membantu mewujudkan keinginan terakhir Veranda agar tetap vote di ajang tahunan itu dan memberikan suara sesuai harapannya.

Sebab, handshake dari single So Long bisa menjadi momen terakhirnya bersama JKT48. Representatif JKT48 Operational Team (JOT) Santi Andrian mengatakan, hingga kini memang belum kapan pastinya Ve mulai melepas seragam JKT48. Tetapi, momennya sudah ditentukan. ’’Ini single terakhir Veranda. Tapi, masih di JKT48 sampai handshake event,’’ ucapnya.

Untuk berpartisipasi dalam Senbatsu Sousenkyo 2017, tidak ada perubahan berarti dalam tata cara pemberian suara. Yakni, melalui CD So Long versi regular, music download card, dan nomor seri di album JKT48 Festival Greatest Hits. Lantas, dengan menonton pertunjukan JKT48 teater, atau menjadi official fans club. (dim)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia