Selasa, 30 May 2017
PEMENANG READERS CHOICE
Women's

Kenali Faktor Penyebab Perubahan Siklus Haid Usai Melahirkan

Jumat, 17 Feb 2017 23:41 | editor : Imam Solehudin

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)

JawaPos.com – Usai melahirkan beberapa bulan, wanita biasanya khawatir jika terlambat bulan. Mereka khawatir kebobolan atau hamil lagi dengan jarak waktu yang begitu dekat.

Sebetulnya tak usah cemas, melahirkan dan menyusui menyebabkan beberapa perubahan dan dapat mempengaruhi menstruasi pertama usai melahirkan. 

Wujudnya, bisa berupa darah dan lendir. Ada tujuh faktor penyebab perubahan siklus haid yang terjadi usai melahirkan seperti dilansir Boldsky, Jumat (17/2). Berikut penjelasannya:

1. Setelah melahirkan, perubahan yang terjadi mempengaruhi siklus bulanan. Periode pertama mungkin datang hanya 6 atau 7 minggu setelah melahirkan. Jangan aneh, hal itu merupakan siklus yang normal.

2.Terlepas dari menstruasi yang tidak teratur, kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah perdarahan hebat. Hal ini sering terjadi pada ibu usai melahirkan. Konsultasikan dengan dokter untuk mencegahnya.

3. Siklus bulanan bisa terjadi terlalu singkat atau terlalu lama setelah melahirkan. Jangan panik. Hal itu masih normal.

4. Pada beberapa ibu baru, periode yang menyakitkan juga dapat terjadi. Gejala lain seperti mual, pembengkakan, perubahan suasana hati, rasa sakit dan pusing juga bisa terjadi usai melahirkan.

5. Pada beberapa wanita yang menyusui, bisa saja mengalami datang bulan terlambat. Namun setelah tahap menyusui selesai, menstruasi akan kembali teratur.

6. Alasan utama mengapa siklus menstruasi berubah setelah melahirkan adalah karena perubahan hormonal dan menyusui.

7. Selama tahap menyusui, hormon yang dikenal sebagai prolaktin disekresi dapat mempengaruhi ovulasi. Hormon ini dapat mempengaruhi siklus haid untuk sementara waktu.(cr1/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia