Selasa, 21 Feb 2017
Hukum

Gali Motif Siti Aisyah, Ini yang Dilakukan BNP2TKI

Jumat, 17 Feb 2017 23:02

Paspor Siti Aisyah

Paspor Siti Aisyah (Dok.JawaPos.com)

JawaPos.com - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengaku, sampai saat ini pihaknya masih mencari tahu apakah Siti Aisyah merupakan agen intelijen Korea Utara.

Hal ini dikatakan Nusron setelah Aisyah diduga membunuh kakak tiri pimpinan Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nan.

"Kami akan segera berkomunikasi dengan pejabat kepolisian yang ada di Malaysia  untuk berkomunikasi dengan Siti Aisyah," ujar Nusron di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Jumat (17/2).

Politikus Partai Golkar tersebut mengaku pihanya bersama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan mencari tahu kenapa Siti Aisyah membunuh Kim Jon-nan. Motif apa dibelakangnya sehingga janda beranak satu itu nekat melakukan pembunuhan.

"Pasti ada sesuatu yang membuat dia terpaksa, atau fakta bahwa dia dalam rangka mempertahankan diri bukan berniat membunuh," pungkasnya.

Sebelumnya, Kim Jong-nam tewas dalam perjalanan dari bandara internasional Kuala Lumpur saat menuju rumah sakit. Kejadian itu pada saat Jong-nam sedang menunggu penerbangan ke Makau. Ia tiba-tiba disergap dari belakang oleh seorang wanita, dan satu orang lagi yang diduga Siti Aisyah menyemprotkan cairan ke wajah Jong-nam.

Kematian Jong-nam, yang akhirnya diketahui publik sebagai kakak beda ibu Kim Jong-un itu disebarluaskan oleh pemerintah Malaysia pada Selasa, 14 Februari 2017.

Rekaman CCTV bandara yang beredar luas di sejumlah media Malaysia memperlihatkan, dua perempuan yang diduga menjadi pelaku pembunuhan terlihat keluar bandara dan pergi menggunakan taksi.(cr2/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia