Kamis, 30 Mar 2017
Finance

Penghasilan Tak Tetap Bisa KPR

Jumat, 10 Feb 2017 05:25

DIGITAL: Nasabah yang didampingi teller mencoba layanan di Smart Branch Bank BTN Kantor Cabang Harmoni saat peresmian di Jakarta kemarin (9/2).

DIGITAL: Nasabah yang didampingi teller mencoba layanan di Smart Branch Bank BTN Kantor Cabang Harmoni saat peresmian di Jakarta kemarin (9/2). (Imam Hussein/Jawa Pos)

JawaPos.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berencana meluncurkan produk kredit pemilikan rumah (KPR) mikro akhir Februari ini. KPR tersebut khusus untuk rumah seharga Rp 50 juta-Rp 70 jutaan. Sesuai namanya, sasarannya adalah mereka yang memiliki penghasilan tidak tetap dan cenderung memilih untuk membeli rumah dengan plafon kredit yang rendah. 

Direktur Utama BTN Maryono menyatakan, KPR mikro bisa digunakan pedagang, petani, nelayan. "Kami menyasar komunitas. Kami fokuskan kepada segmen masyarakat yang pendapatannya tidak tetap yang di bawah (yang penghasilannya kecil, Red)," ujarnya di sela-sela perayaan HUT BTN di Jakarta kemarin (9/2). 

KPR mikro menetapkan bunga single digit, yakni mulai 6 persen hingga 7,5 persen dengan tenor paling lama lima tahun. Uang mukanya dibatasi maksimal 10 persen dari harga jual rumah. Untuk tahap awal, produk itu bakal diluncurkan di Semarang, Jawa Tengah. 

Pada tahun pertama peluncuran, BTN menargetkan nilai penyaluran KPR mikro sebesar Rp 300 miliar. 

Di sisi lain, kemarin BTN meluncurkan Smart Branch BTN di Jakarta. Smart Branch BTN berisi berbagai mesin fasilitas e-channel BTN dan layanan edukasi produk yang dapat langsung diakses nasabah. (rin/c25/sof) 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia