Selasa, 25 Jul 2017
JPG Today

Tiga Nama Ini Dijagokan Menangi Pilgub Jabar

Minggu, 05 Feb 2017 07:45 | editor : Imam Solehudin

Ilustrasi (Dok.JawaPos)

JawaPos.com - Konstelasi menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 mulai menghangat. Dari hasil survei, sejumlah nama muncul buat menjadi calon suksesor Ahmad Heryawan.  Direktur Indo Riset Konsultan, Bawono Kumor menyebut, Pilkada Jawa Barat akan menjadi arena pertarungan tiga kandidat kuat yaitu Ridwan Kamil, Deddy Mizwar dan Dede Yusuf.

Munculnya tiga nama tersebut berdasarkan hasil survei Indo Riset Konsultan di Jakarta, pada Rabu (2/2) lalu. Dalam survei yang menguji tingkat popularitas, tingkat kedisukaan, dan tingkat elektabilitas, muncul 16 nama. Ada pun 16 nama diuji tersebut adalah Bima Arya, Deddy Mizwar, Dede Yusuf, Dedi Mulyadi, Desy Ratnasari, Haris Yuliana, Iwa Karniwa, Maman Imanul Haq, Mochammad Irawan, Netty Prasetyani Heryawan, Nurul Arifin, Puti Guntur Soekarno, Ridwan Kamil, Saan Mustopa, TB Hasanuddin, dan UU Ruzhanul Ulum.

"Dari 16 nama diuji cuma empat nama memiliki tingkat popularitas di atas 70%. Mereka adalah Deddy Mizwar 94%, Dede Yusuf 89,5%, Desy Ratnasari 86,6%, Ridwan Kamil 74,2%. Sedangkan tingkat kedisukaan tertinggi dimiliki oleh Ridwan Kamil 92,2%, disusul Dede Yusuf 86,5% dan Deddy Mizwar 86,3% dalam posisi tiga teratas," ungkap Bawono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/2). 

Kemudian dari sisi tingkat elektabilitas, Ridwan Kamil memperoleh tingkat keterpilihan tertinggi sebesar 37,50%. Kemudian disusul secara berturut-turut oleh Deddy Mizwar (29,17%), Dede Yusuf (15,25%), Dedy Mulyadi (4,42%), Desy Ratnasari (2,67%), Bima Arya (1,67%), UU Ruzhanul Ulum (1,50%), TB Hasanuddin (0,67%), Puti Guntur Soekarno (0,58%), Saan Mustopa (0,58%), Netty Prasetiyani Heryawan (0,17), Nurul Arifin (0,17%), Haris Yuliana (0,08%), Iwa Karniwa (0,08%), Maman Imanul Haq (0,08%) dan Mochammad Irawan (0,08%). Sedangkan responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab sebesar 5,33%.

Sementara dalam survei sebagai nama yang dianggap paling pantas sebagai Calon Wakil Gubernur Jabar 2018 Iwa masuk dengan survey 0,17% mengalahkan nama istri gubernur Jabar Netty Heryawan.Nama Iwa muncul bersama beberapa nama baru lainnya seperti Kapolda Metro Jaya Mochamad Irawan, Puti Guntur Soekarno, dan Ustad Maman Imanul Haq.

"Dengan melihat tingkat elektabilitas para calon gubernur Jawa Barat berdasarkan hasil survei kami tersebut, pilkada Jawa Barat akan menjadi pertarungan tiga tokoh, Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dede Yusuf. Saat survei dilakukukan Ridwan Kamil masih teratas dengan keterpilihan sebesar 37,5%, disusul Deddy Mizwar (29,17%), dan Dede Yusuf (15,25%)," kata Bawono dalam rilis yang diterima wartawan, Sabtu (4/2).

Sementara itu, saat ditemui wartawan Sekda Jabar Iwa Karniwa yang namanya muncul sebagai Calon Wakil Gubernur Jabar justru heran namanya bisa masuk."Kok bisa masuk survei?" ujarnya. Meski survei peluang siapa saja yang akan bertarung di Pilgub Jabar sudah bermunculan, namun para kandidat yang namanya muncul justru belum secara terbuka menyatakan maju.

Hanya Bupati Tasikmalaya UU Ruzhanul Ulum yang secara terang-terangan akan maju di Pilgub Jabar 2018. Bahkan Uu sampai terang-terangan berencana memanfaatkan anak buahnya di Pemkab Tasikmalaya untuk lakukan sosialisasi."Saya meminta untuk dibantu mensosialisasikan diri saya oleh kepala dinas dan pejabat lainnya," ucap Uu.(jar/rmol/mam/JPG)

Alur Cerita Berita

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia