Sabtu, 21 Jan 2017
Humaniora

Minta Pabrik PT Semen Indonesia Tak Ditutup, Warga 5 Desa di Rembang Temui  Ketua DPR

Kamis, 12 Jan 2017 17:11

Perwakilan warga Rembang menemui Ketua DPR Setya Novanto di Gedung DPR meminta PT Semen Indonesia tidak ditutup, Kamis (12/1).

Perwakilan warga Rembang menemui Ketua DPR Setya Novanto di Gedung DPR meminta PT Semen Indonesia tidak ditutup, Kamis (12/1). (Dna/JawaPos.com)

JawaPos.com - Warga Rembang, Jawa Tengah yang mendukung berdirinya pabrik milik PT Semen Indonesia mendatangi Ketua DPR Setya Novanto hari ini, Kamis (12/1). Mereka berharap  operasional pabrik tersebut tetap berjalan,  meski  ada putusan PK Mahkamah Agung (MA).

Adapun warga Rembang yang hadir berasal dari lima desa terdekat pabrik semen yang terletak di Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah. Yakni, Desa Kadiwono, Pasucen, Kajar, Tegaldowo.

"Kami membawa aspirasi mayoritas warga yang mendukung berdirinya pabrik Semen Indonesia," ujar Tokoh Masyarakat Desa Pasucen, Sarki.

Dari hasil pertemuan dengan unsur pimpinan DPR,  kata Sarki, Ketua DPR Setya Novanto juga berharap agar pabrik PT Semen Indonesia tetap berlanjut. Sebab, sudah ada hasil kajian dari tim komisi VI DPR yang mengunjungi lokasi tersebut beberapa waktu lalu.

"Dari survei atau pertimbangan, ini yang dijadikan dasar pertimbangan agar Semen Indonesia yang ada di Rembang tetap berlanjut," tuturnya.

Selain Sarki, Tokoh Pemuda Desa Kadowono, Ferdy Marantika  yang ikut dalam pertemuan dengan pimpinan DPR mengatakan, dibangunnya pabrik PT Semen Indonesia sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Setidaknya, membuka lapangan pekerjaan baru dan bisa meningkatkan taraf hidup.  

"Sebagai warga dan tokoh pemuda, saya ingin Rembang maju. Di 2016, Rembang termasuk kabupaten termiskin nomor tiga di Jateng. Dengan adanya pabrik semen kami berharap taraf hidup masyarakat bisa meningkat," tegasnya.

Dia menambahkan, penambangan yang dilakukan PT Semen Indonesia tidak berdampak buruk. Terutama pada pasokan air. Sebab, perusahaan tersebut sudah membangun tempat penampung air. "Pabrik semen sudah membangun embung di Desa Tegaldowo. Sudah jadi embungnya," pungkas Ferdy. (dna/JPG)

 TOP
©2016 PT Jawa Pos Group Multimedia