Minggu, 23 Jul 2017
JPG Today

Modus Baru Pencurian, Pura-Pura Kontrak Rumah, lalu...

Kamis, 12 Jan 2017 17:03 | editor : Fadhil Al Birra

Agus dan barang-bukti kejahatannya diamankan di Mapolsek Sungai Ambawang, Rabu (11/1).

Agus dan barang-bukti kejahatannya diamankan di Mapolsek Sungai Ambawang, Rabu (11/1). (Ocsya Ade/Rakyat Kalbar)

JawaPos.com - Kelakuan nakal Agus tak ada kapoknya. Residivis kasus pencurian ini mempereteli rumah kontrakan yang ditempatainya di Jalan Ampera, Sungai Ambawang, Kubu Raya.

Pelaku membongkar closet di kamar mandi, porslen, mesin genset dan paralon. Barang curiannya itu dijual seharga Rp500 ribu saja. Agus menjalankan aksinya bersama rekannya, Kevin.

Agus menciptakan modus baru dalam kasus pencurian. Dia sengaja mengontrak rumah semi permanen hanya untuk dipereteli. Setelah menerima kunci rumah, Agus pun menyewa mobil untuk mengangkut barang curian, kemudian dibawa ke Kecamatan Terentang, Kubu Raya untuk dijual. 

“Saya sama Kevin. Ini barang-barang (sarana kejahatan) miliknya, bukan milik saya. Ini yang kedua kalinya saya melakukannya. Dulu saya mencuri sepeda motor dan divonis sepuluh bulan penjara,” ujar Agus seraya mengatakan Kevin sudah melarikan diri. 

Kapolsek Sungai Ambawang, AKP Hardik menerangkan, Agus diringkus setelah dilaporkan pemilik kontrakan. “Ini modus baru. Pelaku sengaja menyewa rumah, kemudian barang berharga di rumah yang disewanya itu dicuri dan kabur,” kata AKP Hardik.

Agus diringkus di kampung halamannya di Kecamatan Terentang. Ketika hendak ditangkap, dia berupaya melarikan diri. Tembakan peringatan pun tak digubris. 

“Kita terpakasa melumpuhkan dengan tembakan. Dia berhasil ditangkap, setelah kedua kakinya kita tembak. Kemudian kita bawa dia ke Dokkes guna mendapaatkan perawatan medis,” jelas AKP Hardik. Saat ini polisi masih mengejar Kevin.

Agus dijerat passal 362 KUHP. Ancaman hukumnya lima tahun penjara. “Ini untuk kedua kalinya Agus masuk penjara. Sebelumnya dia terlibat Curanmor dan divonis pengadilan Mempawah selama 10 bulan penjara,” ujar AKP Hardik. (zrn/fab/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia