Sabtu, 21 Jan 2017
Metropolitan

Ribuan Mahasiswa Kepung DPR dan Istana Negara Hari Ini

Kamis, 12 Jan 2017 05:02

Ilistrasi

Ilistrasi (ALLEX QOMARULLA/Radar Madura/JawaPos.com)

JawaPos.com - Hari ini (12/1), ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia akan menggelar demo. Sasaran demonya adalah Gedung DPR dan Istana Negara.

Mahasiswa ini sengaja berdemo karena di awal tahun ini telah terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), listrik, tarif penerbitan STNK-BPKB dan naiknya harga cabai.

Hal ini dibenarkan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. "Soal rencana aksi dari mahasiswa besok (hari ini, red) pukul 09.00 WIB. Tuntutannya masalah kenaikan harga cabai dan BBM," ujar Argo saat dikonfirmasi, Rabu (11/1).

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini menambahkan, pihaknya sudah menerima pemberitahuan dari koordinator aksi. Massa yang akan ikut berjumlah sekitar seribuan.

Pihaknya mengaku akan mengawal dan mengamankan aksi tersebut. "Anggota sudah diplot di posisi masing-masing, diharapkan unras aman dan aktivitas masyarakat juga berjalan lancar," lanjut dia.

Argo tidak meyebutkan jumlah personel yang dikerahkan. Namun, dia memastikan bahwa personel yang diturunkan seimbang dengan jumlah massa. "Semua dari PMJ dan jajaran kita turunkan, untuk pengaturan lalin juga anggota yang di lapangan akan mengarahkan jalur apabila terjadi kemacetan," imbuhnya.

Sementara itu, Argo mengimbau massa untuk tidak melakukan tindakan anarkis. Massa juga dilarang melakukan aksi bakar ban. "Dilarang membawa benda berbahaya, seperti senjata tajam, narkotika dan lain-lain, bakar ban tidak boleh," tukas dia. (elf/JPG)

 TOP
©2016 PT Jawa Pos Group Multimedia