Jumat, 23 Jun 2017
JPG Today

Waspada! Balikpapan-Samarinda Rawan Pohon Tumbang

Kamis, 12 Jan 2017 02:58 | editor : Fadhil Al Birra

Sebuah pohon tumbang di poros Balikpapan-Samarinda. Arus kendaraan tersendat, menunggu proses evakuasi.

Sebuah pohon tumbang di poros Balikpapan-Samarinda. Arus kendaraan tersendat, menunggu proses evakuasi. (BAIM/KALTIMPOST)

JawaPos.com - Jalan poros Balikpapan-Samarinda rawan pohon tumbang. Apalagi saat cuaca buruk. Seperti yang terjadi Selasa (10/1) malam, pukul 23.17 Wita. Hujan sesaat disertai angin kencang mengakibatkan sebuah pohon yang berada di pinggir jalan tumbang menutup sebagian jalan di Km 67.

Meski pohon tak sampai menimpa kendaraan yang melintas, namun arus kendaraan tersendat, khususnya dari Samarinda menuju Balikpapan. Pengendara menunggu petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Kaltim melakukan evakuasi dibantu sejumlah pengendara.

Pohon diameter 10 sentimeter tersebut dipotong menjadi tiga bagian menggunakan gergaji mesin milik petugas. Petugas memberlakukan sistem buka-tutup atau secara bergantian kendaraan melewati titik pohon tumbang.

“Tidak ada korban,” sebut Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim Kombes Pol Arief Prapto. Jajarannya, Subdit PJR yang bertugas di Pos Km 51, mendapat laporan pengendara jika arus kendaraan tersendat karena pohon tumbang.

Empat personel menuju lokasi, ada yang mengatur arus kendaraan ada pula bersama masyarakat dan pengendara lain melakukan evakuasi. Untung saja, ada gergaji mesin yang standby di mobil patroli PJR.

Kasubdit PJR Ditlantas Polda Kaltim AKBP Ariasandy menambahkan, anggotanya memang diberi ketrampilan menggunakan mesin gergaji. Sebab, di poros Balikpapan-Samarinda, khususnya di Km 51 hingga Km 75, rawan pohon tumbang ke jalan.

Kawasan tersebut, sebelah kanan-kiri jalan pohon berjajar, dekat dengan jalan, berjarak satu meter. Belum lagi pohon yang sudah rimbun, hingga dahannya berada tepat di tengah jalan. (aim/rsh/k15/fab/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia