Rabu, 22 Feb 2017
Travelling

Wow! 5 Objek Wisata di Majalengka Bagian Utara Bakal Jadi Andalan

Rabu, 11 Jan 2017 20:44

Objek wisata terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapura, menjadi salah satu prioritas pengembangan di tahun 2017.

Objek wisata terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapura, menjadi salah satu prioritas pengembangan di tahun 2017. (OKRI RIYANA/RADAR CIREBON)

JawaPos.com – Pemkab Majalengka berencana akan mengembangkan obyek wisata di wilayah utara. Menurutnya, pengembangan destinasi objek wisata di setiap daerah menjadi prioritas untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Untuk wisata air banana boat di sungai Sindupraja maupun Cimanuk, tentu akan kami lakukan kajian terlebih dahulu. Ke depan akan dibuat masterplan dan koordinasi dengan stakeholder terkait,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gatot Sulaeman, .

Pihaknya akan melakukan kajian bersama konsultan yang ahli di bidang itu. Pengembangan wisata air akan memanfaatkan potensi yang ada, termasuk menyiapkan lahan parkir serta kajian bersama dinas yang berwenang.

Kajian secara komprehensif akan dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup sebagai OPD terkait. Khususnya tentang pengelolaan sampah di Kecamatan Jatitujuh dan Ligung serta sejumlah desa yang masuk wilayah obyek wisata.

“Pengembangan pariwisata itu harus didukung semua pihak. Misalnya pemanfaatan jalan koordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya, serta pengelolaan dan pemanfaatan air dengan instansi terkait lainnya. Termasuk koordinasi dengan pengelola bendungan rentang,” paparnya.

Di samping itu, tahun 2017 ini pihaknya juga tengah konsentrasi mengembangkan sejumlah objek wisata di dekat majalengka kota. Sehingga ke depan setiap orang yang datang ke Majalengka mudah mencari penginapan di tempat yang representatif.

Beberapa obyek wisata yang menjadi prioritas diantaranya Paralayang di Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka, wisata curug Muara Jaya Kecamatan Argapura, Situ Sangiang Kecamatan Banjaran, Terasering Panyaweuyan Kecamatan Argapura, dan kawasan wisata di Sindangwangi (kawitwangi).

“Beberapa obyek wisata tersebut menjadi prioritas dan akan dikerjakan tahun ini. Kami berharap kebersamaan dari para pemangku kepentingan untuk mendukung destinasi wisata di kota angin,” tandasnya. (ono/yuz/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia