Sabtu, 19 Aug 2017
Ekonomi

Kepala Daerah Harus Kreatif Optimalkan Potensi SDA

Rabu, 11 Jan 2017 11:46 | editor : Ilham Safutra

Perkebunan teh di Puncak, Bogor

Perkebunan teh di Puncak, Bogor (Sofyansyah/Radar Bogor/JawaPos.com)

JawaPos.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro meminta setiap kepala daerah untuk kreatif.

Hal itu disampaikannya lantaran semakin kompetitifnya setiap daerah di Indonesia. Sehingga mengharuskan setiap kepala daerah melakukan inovasi di setiap wilayah kekuasaannya.

Muaranya, kata Bambang, tidak lain adalah untuk menciptakan bangsa berdaya saing. Semua itu dimulai dengan inovasi-inovasi pemerintah daerah (pemda) dengan dukungan dari pusat.

Untuk memulai sebuah inovasi, lanjut Bambang, pemda mesti jeli melihat sumber daya alam (SDA) yang dimiliki daerahnya. Tapi bukan hanya itu, dia menilai bahwa untuk mengelola SDA, butuh juga sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. "Inovasi harus kita lihat SDA dan SDM," katanya di Gedung Bappenas, Jakarta, Rabu (11/1).

Kendati demikian, mantan Menteri Keuangan itu menyebutkan, pemda juga harus sadar bahwa melimpahnya SDA di Indonesia hanya bersifat sementara.

Begitu juga dengan hasil perkebunan yang tidak selamanya bisa melimpah dan mensejahterakan masyarakat. Justru dari situasi keterbatasan seperti itu kepala daerah bisa melihat kesempatan berinovasi.

"Biasanya inovasi muncul tidak dalam kondisi berlebihan. Tapi dalam kondisi terbatas, di situ inovasi muncul. Semakin banyak kesulitan, kepala daerah mencari cara menggerakkan ekononi daerahnya," pungkasnya. (uya/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia