Jawa Pos Logo

Gelap Bukan Jaminan Sejuk

JawaPos.com- Kaca film pada sebuah mobil memiliki tiga peran: kenyamanan, keamanan, dan estetika. Kaca film yang tepat bahkan membantu berhemat.

’’Bohong kalau ada yang bilang mobil tidak panas setelah dijemur kalau pakai kaca film. Pasti panas. Tapi, berkurang,’’ kata Marketing Manager Jaya Kreasi Indonesia (JKI) Herrys Winata. JKI adalah agen kaca film merek LLumar (premium), CPF1 (segmen menengah ke atas), dan Sunmaster (menengah ke bawah).

Menurut Herrys, berkat perkembangan teknologi, kepekatan kaca film tidak berbanding lurus dengan kesejukan kabin. Alasannya, kegelapan tidak menentukan kemampuan menolak atau mengurangi sengatan panas matahari ke kabin. Sebaliknya, dengan teknologi infrared reflected (IRR) atau infrared rejection, kaca film yang terang pun mampu meredam panas matahari. ’’Produk kaca film premium bahkan bisa menolak 99 persen ultraviolet,’’ ungkapnya.

Kini kaca film yang baik tidak hanya diwajibkan mampu menangkal panas dari sinar matahari. Kaca film juga tidak boleh memengaruhi sinyal GPS, ponsel, dan scan e-toll. Meski harganya cukup mahal, kaca film yang baik menguntungkan dalam jangka panjang. Mobil jadi lebih hemat karena pemiliknya tidak perlu menyetel AC dalam level tinggi. ’’Cukup di level normal atau yang rendah. Kaca film yang baik bisa membuat suhu kabin cepat dingin saat habis kena jemur,’’ paparnya.

Dari aspek keamanan, peran kaca film juga cukup signifikan. Saat terjadi benturan atau lemparan benda keras, kaca film mencegah kaca terburai. ’’Pecahan kecil kaca mobil atau sekadar retak itu bisa tertahan oleh kaca film sehingga tidak membahayakan pengemudi dan penumpang,’’ tuturnya.

Secara psikologis, dari aspek keamanan, kaca film juga melindungi pengguna mobil agar barang-barang di dalam mobil tidak terlihat jelas dari luar. Namun, hal itu jangan dijadikan alasan memilih kadar kegelapan maksimal. Perlu diperhatikan pula dampak terhadap akses penglihatan saat berkendara malam hari.

Selain itu, kaca film mampu menambah estetika mobil. Kini kaca film tidak sebatas berwarna hitam. Ada unsur kekuning-kuningan, cokelat, bahkan hijau. Jika pandai memadupadankan kaca film dengan warna mobil, penampilan mobil akan makin indah. (gen/c14/noe)


BERITA LAINNYA