Jawa Pos Logo

Dibuka, Tol Jombang-Mojokerto Masih Sepi
BERITA TERKAIT

JawaPos.com- Tol Jombang–Mojokerto (Joker) seksi III mulai bisa dilalui pengendara kemarin pagi. Pada hari perdana itu, ruas jalur tanpa hambatan sepanjang 5 kilometer tersebut masih sepi.

Supervisor Gerbang Tol Mojokerto Achmad Rifan Tsamany menyatakan, per 1 Desember, PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) melakukan uji coba jalan tol Joker mulai pukul 07.00. Meski tak ada tarif atau gratis, tidak terlihat gelombang kendaraan yang besar. Hanya ada beberapa kendaraan yang lalu lalang di jalur itu.

Berdasar data di gerbang tol, ada 184 kendaraan yang melintas kemarin (1/12). Yakni, 37 kendaraan dari arah Mojokerto Barat (Mobar) dan 147 kendaraan dari Krian. ’’Ini masih tahap sosialisasi,’’ kata Achmad.

Dia menuturkan, tarif tol seksi III belum ditentukan. Sebab, PT MHI masih menunggu konfirmasi dan keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). ’’Gratis hingga SK dari Menteri PU muncul. Begitu pula dari Penompo atau Bypass Mojokerto yang mengarah ke ruas kami,’’ ujarnya.

Meski masih sepi, jalur tol itu diprediksi berkembang pesat setelah semua jalur tersambung. PT MHI menargetkan penguraian kepadatan di jalur Bypass Mertex Mojoanyar–Kenanten Puri hingga 50 persen. Mereka ingin seksi II dan IV rampung pada 2017. Dengan begitu, jalur tol Joker sepanjang 40,5 kilometer tersebut bisa tersambung hingga kawasan Kertosono.

Firman Effendi, seorang pengguna tol, mengaku cukup terbantu dengan dibukanya tol yang menyambung dengan tol Surabaya–Mojokerto itu. ’’Jalur bawah sudah cukup padat. Semakin terbantu kalau seluruh seksi sudah bisa dibuka,’’ ucapnya. (ron/abi/c18/end)


BERITA LAINNYA