Minggu, 23 Apr 2017
Sepakbola Indonesia
Piala AFF 2016

Inilah Sekilas Stadion Pakansari, Kandang Garuda Saat Jamu Vietnam

Jumat, 02 Dec 2016 14:04

Stadion Pakansari menjadi markas saat Indonesia menjamu Vietnam, Sabtu (3/12)

Stadion Pakansari menjadi markas saat Indonesia menjamu Vietnam, Sabtu (3/12) (Putra/Jawa Pos)

JawaPos.com - Timnas Indonesia bakal berlaga di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12) melawan Vietnam dalam semifinal leg pertama Piala AFF 2016. Stadion berkapasitas 30 ribu penonton ini sendiri ternyata cukup mudah diakses oleh suporter.

Stadion Pakansari memang sangat representatif untuk menggelar laga internasional. Sebab, rumput yang digunakan pun berstandar internasional.

Dalam pembangunannya, Pakansari memakan dana Rp 803 miliar. Rumput yang digunakan di stadion yang selama ini menjadi markas PS TNI ini berjenis bermuda yang juga biasa digunakan untuk lapangan golf. Ini tentu terobosan baru bagi Stadion di Indonesia.

Fasilitas toilet juga sudah sangat lengkap. Di dalam stadion terdapat 250 unit toilet, sedangkan untuk menggelar semifinal AFF, akan ditambah 12 unit toilet mobile.

Akses pintu, tiga sudah dibuka. Sedang tujuh akses lainnya masih dalam proses. Ruang VVIP dan VIP juga ada dua.

Untuk tempat parkir bisa ditempati 919 unit mobil, 2.393 motor, dan 67 bus. Namun, baru sebagian yang rampung alias selesai pembangunannya.

Akses menuju Stadion Pakansari juga terbilang cukup mudah. Bila Anda menggunakan mobil, bisa melalui tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Sentul. Dari sana, Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju Cibinong.

Lalu, bila menggunakan sepeda motor, ada beberapa pilihan. Pertama melalui Jalan Raya Bogor yang lurus terus sampai lampu merah Cibinong lalu belok ke kanan tak jauh dari sana terpampang petunjuk Stadion Pakansari. Kedua, melalui Depok, yang kemudian tembus Citayam. Namun, opsi kedua ini agak sulit karena melewati beberapa cabang jalan.

Akses termudah adalah menggunakan kereta api listrik. Ya, Anda tinggal naik menuju ke arah Bogor, kemudian turun di Stasiun Bojong Gede. Dari sana, ada beberapa pilihan, pertama menggunakan angkutan umum, kemudian ojek kovensional maupun online.

Begitu memasuki Jalan Pemda Cibinong, tinggal dekat sampai tujuan. Kurang lebih satu kilometer nanti akan bertemu dengan akses Jalan Kol. Edy Yoso Martadipura dan tinggal lurus saja akan langsung tiba di kompleks stadion. (ies/JPG)

Data Stadion Pakansari:

Jenis Rumput: Bermuda (standar internasional) 

Kapasitas: 31.000 Penonton

Jumlah loket: 32 unit

Akses pintu masuk: 8, 3 sudah dibuka, 7 akses masih dalam proses.

Ruang VVIP dan VIP: 2

Jumlah toilet: Bagian Barat, Bagian Timur, Bagian Utara, dan Bagian Selatan sebanyak 250 unit, ditambah 12 unit toilet yang mobile

Fasilitas pendukung pertandingan: ruang Pres Confrence, ruang pengamat, scoringboard digital

Prasarana Parkir: Mobil 919 unit, motor 2.395 unit, bus 67 unit (dalam proses pembangunan 2016)

Plaza: 2 unit sebelah utara dan selatan stadion

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia