Jawa Pos Logo

Laman Media Asing Ulas Aksi Bela Islam 212

JawaPos.com – Sejumlah media asing mengulas aksi damai bela islam 212 di Jakarta yang menuntut Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sedikitnya 100 ribu massa terus berdatangan ke sejumlah titik menuntut Ahok ditangkap.

Di laman media Channel News Asia dilansir dari Reuters mengulas tentang aksi yang diamankan 22 ribu polisi itu. Hal itu belajar dari pengalaman bulan lalu dimana satu orang tewas dan 100 pengunjuk rasa luka-luka.

Indonesia memiliki beragam suku bangsa, agama, dan budaya, adat istiadat. Sementara Presiden Joko Widodo mengantisipasi aksi ini dengan bersafari politik ke sejumlah personel aparat keamanan dan tokoh-tokoh politik.

Hal serupa ditampilkan dalam laman website ABC News dimana puluhan ribu kaum muslim berunjuk rasa memprotes Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. ABC menyebut jumlah massa diperkirakan lebih besar dari aksi 4 November lalu.

Jalan kota Jakarta dipenuhi para demonstran serba putih sambil membawa beberapa poster yang menyerukan penangkapan Ahok.

Kasus penuntutan terhadap Ahok mengambil langkah maju ketika Kejaksaan Negeri mengumumkan bahwa berkas polisi pada kasus ini telah memenuhi persyaratan untuk diserahkan ke pengadilan. Jika terbukti, ancamannya lima tahun penjara.

Polisi mengatakan Ahok tidak bisa meninggalkan negara selama penyelidikan, Namun, kelompok-kelompok islam garis keras terus menuntut Ahok ditangkap. (ChannelNewsAsia/ABC/cr1/JPG)


BERITA LAINNYA