Rabu, 22 Feb 2017
Sports

Palinggam Dayung Festival II 2016 Diikuti 52 Tim

Jumat, 02 Dec 2016 12:25

Festival dayung tradisional di Padang kembali digelar

Festival dayung tradisional di Padang kembali digelar (Dok. Padang Ekspres)

JawaPos.com - Palinggam Dayung Festival (PDF) II 2016 kembali digelar. Sebanyak 50 tim dayung dari Kota Padang dan dua tim dayung asal Pesisir Selatan ikut ambil.

PDF II 2016 sendiri berlangsung 1-4 Desember di Batang Harau, Palinggam, Kecamatan Padang Selatan.

Sebagai olahraga tradisional yang sudah menjadi tradisi warga pinggiran sungai Kota Padang, PDF II 2016 kedua kali dilaksanakan secara beruntun. Sebelumnya juga dilaksanakan di tahun 2015.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, dalam pembukaan mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan membangkitkan budaya anak nagari. Selain itu, PDF 2016 akan menjadi momen untuk membangkitkan potensi yang ada di Palinggam secara keseluruhan.

“Lewat Dayung Palinggam ini kita bisa membangkitkan dan menampilkan banyak hal,” sebut Mahyeldi, seperti dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group).

Mahyeldi juga menyinggung semangat yang muncul di setiap pelaksanaan PDF yang seringkali memunculkan semangat dan kebersamaan satu kampung. Namun begitu, dia berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan bernilai positif.

“Mari kita jaga semangat ini hingga ke hal positif,” ajak Mahyeldi.

Panitia pelaksana, Nazar Tanjung, mengatakan, lomba dayung adalah olahraga tradisional yang sudah dimainkan sejak puluhan tahun lalu, tapi baru dua tahun terakhir rutin dilaksanakan.

Nazar menyebut, jika tahun sebelumnya, pendanaan sepenuhnya didapat dari para perantau Palinggam, penduduk asli, serta beberapa sponsor. Sedangkan tahun ini ditanggung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Padang.

“Mulai tahun ini Dayung Palinggam sudah masuk kalender tahunan Disbudpar dan akan dilaksanakan setiap tahunnya,” ucap Nazar. (y/epr/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia