Jawa Pos Logo

BBM Viking Surabaya, Kombinasikan Bintang Pro dan Kampus

JawaPos.com- Tim asal Surabaya BBM Viking tercatat sebagai satu di antara 12 kontestan Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016. Namanya memang belum kondang secara nasional. Namun, melihat komposisi pemain yang mereka miliki, bukan tidak mungkin BBM bisa berbicara banyak di turnamen yang memperebutkan Piala Menpora dan satu unit mobil New Honda Brio Satya ini.

Tengok saja, sedikitnya lima nama dalam roster mereka yang tercatat masih aktif maupun yang baru saja berhenti dari liga basket profesional nasional. Mereka adalah Dimaz Muharri, Gege Nagata, Ernest Koswara, Handoyo Cahyo Saputro, dan Toni Sugiharto.

Itu belum termasuk deretan pemain muda yang baru saja tampil di PON 2016 Jawa Barat September lalu. Tercatat, ada tiga pemain tim Jawa Tengah yang bakal membela BBM. Mereka adalah Habib Ahmeda Annur, Yosua Christian Angga Sulistyo, dan Rico Aditya Suharno.

Selebihnya, BBM bakal diperkuat pemain-pemain lokal asal Surabaya. Kebanyakan di antara mereka merupakan mantan bintang kampus yang pernah tampil di Liga Basket Mahasiswa (Libama).

’’Kepanjangan dari nama BBM kami itu banyak. Salah satu di antaranya, Bintang Buangan Mahasiswa,” kata Ficky Stefanus Njotokusumo, pengurus BBM, lantas tertawa lebar saat dihubungi kemarin.

Meski punya komposisi pemain yang cukup kuat, pihak BBM menyatakan tidak menaruh target muluk-muluk. Tim yang akan diarsiteki pelatih kepala Adi Prayitno itu hanya ingin kompetitif saat bertemu kontestan lain. Termasuk tim-tim profesional ibu kota macam Aspac, Stadium, maupun NSH.

’’Kami realistis saja. Yang jelas, ini wadah dan kesempatan kami untuk lebih dikenal. Kami ingin beri tahu bahwa ada BBM di basket Indonesia,’’ ucap Ficky. BBM kini tercatat masuk klub anggota Perbasi Kota Surabaya. (irr/c4/nur)


BERITA LAINNYA