Jawa Pos Logo

Tariklah Cinta dan Simpati Sesama
BERITA TERKAIT

MENCINTAI kebaikan tetapi tidak mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari hanya akan berujung pada perdebatan dan adu wacana tanpa akhir. Mencintai kebaikan hanya pada kata-kata akan membuka pintu bagi masuknya obrolan panjang yang tidak berguna, menguras tenaga dan waktu.

Ketika kita mampu menjadi penyebar kebaikan, Allah akan menggerakkan tangan-tangan mulia yang akan menyiramkan kebaikan pada taman kehidupan kita.

Jangan sampai kita meremehkan kebaikan sekecil apa pun. Jika kita merindukan cinta dan simpati dari orang lain, jangan pernah meremehkan amal yang dapat kita sumbangkan buat orang lain.

Satu ucapan kata yang sejuk dan indah bisa menjadi obat baginya. Sikap lemah lembut dapat meredakan amarah, memupus dahaga, dan mengikis dengki. Sungguh tepat apa yang disabdakan Rasulullah SAW, ’’Jangan pernah meremehkan kebajikan sedikit pun walau berupa engkau bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri’’ (HR Muslim).

Nasihat Rasul tersebut mendorong kita untuk mengerahkan segala kebajikan dengan warna-warni dan ragam tingkatannya sekaligus berpesan agar dilakukan secara kesinambungan. Artinya, selama 24 jam setiap hari, kita dituntut menyebar kebajikan, apa pun bentuk dan derajatnya.

Kita bisa belajar kepada beberapa orang yang hidupnya demikian teratur. Mereka memiliki agenda harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Sebuah agenda tersebut menjadi panduan dan berisi aktivitas yang dilakukan untuk diri, keluarga, serta berkontribusi untuk kaum muslimin. Hasilnya sungguh mencengangkan! Mereka sukses membantu kaum janda, jompo, miskin, dan sukses menjadi fasilitator terjalinnya komunikasi antara si kaya dan si papa. Sukses memberikan advokasi, mengobati yang sakit, mengurus yatim piatu, dan segudang aktivitas lainnya.


BERITA LAINNYA