Rabu, 28 Jun 2017
Sepakbola Indonesia

Meraba Susunan Pemain Timnas Indonesia Saat Jamu Vietnam

Kamis, 01 Dec 2016 14:13 | editor : Agustinus Edy Pramana

Alfred Riedl saat memimpin latihan Timnas Indonesia di Stadion Pakansari

Alfred Riedl saat memimpin latihan Timnas Indonesia di Stadion Pakansari (Sofyansyah/Radar Bogor)

JawaPos.com - Timnas Indonesia dipastikan akan tampil menyerang saat menjamu Vietnam dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2016 pada Sabtu (3/12) mendatang. Meski tanpa dua bek andalan Rudolof Yanto Basna dan Fachrudin Aryanto yang terkena akumulasi kartu kuning, agresivitas tetap menjadi ciri khas Merah Putih.

Pelatih Alfred Riedl bakal menggunakan formasi 4-5-1, seperti yang digunakan saat mengalahkan Singapura. Dalam formasi ini, dua pemain sayap akan bermain lebih ofensif.

Terkait siapa yang akan menggantikan posisi Yanto Basna dan Fachrudin, Riedl berencana menduetkan Gunawan Dwi Cahyo dengan Hansamu Yama.

“Keduanya masuk dalam rencana, terutama Hansamu. Tapi, meski ada penggantian pemain, pola permainan yang diterapkan tetap sama,” ucap Riedl saat ditemui usai latihan di Stadion Pakansari, Cibinong, seperti dilansir Radar Bogor (Jawa Pos Group).

Sementara itu, Gunawan Dwi Cahyo, mengaku siap 100 persen andai benar-benar dimainkan sebagai starter dalam laga nanti. Menurutnya koordinasi yang baik di lini belakang akan mampu meredam kecepatan-kecepatan pemain Vietnam.

“Paling penting koordinasi. Jika itu berjalan baik, tentu akan membuat kokoh pertahanan kita. Dan saya siap 100 persen jika dipercaya pelatih untuk main,” sebut Gunawan.

Selain itu, Riedl memiliki kemungkinan lain. Satu posisi bek tengah akan diperankan oleh Manahati Lestusen. Sementara satu posisi bek tengah lainnya antara Hansamu dan Gunawan.

Di posisi kiper, Kurnia Meiga yang selama babak penyisihan Grup A kebobolan 7 gol masih dipercaya Riedl. Tentunya akan berisiko andai memainkan kiper lain saat sudah memasuki semifinal.

Di posisi gelandang, Riedl kemungkinan akan menumpuk lima pemain sekaligus untuk mengimbangi lini tengah Vietnam yang dikenal cukup agresif. Bayu Pradana bisa diplot sebagai gelandang bertahan, sementara Evan Dimas sebagai pengatur serangan dan Stefano Lilipaly bertugas sebagai gelandang box to box.

Opsi lain, Dedi Kusnandar bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan karena dia cukup berpengalaman dan punya mobilitas tinggi. Jika ingin memiliki gelandang bertahan murni, Manahati bisa didorong ke depan dan posisi bek tengah bisa diserahkan kepada Hansamu dan Gunawan.

Dua pemain sayap nampaknya masih akan dipercayakan kepada Rizky Pora dan Andik Vermansah. Tapi, keduanya akan diminta lebih menyerang. Sebab tiga gelandang tengah sudah cukup untuk membantu pertahanan.

Sementara itu, Boaz Salossa akan diplot sebagai penyerang tunggal. (rub/c/epr/JPG)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia