Jawa Pos Logo

Beli Motor dengan Kertas Potongan Koran, Dimasukkan ke Amplop, Lalu…

JawaPos.com - Wahai para pelaku bisnis jual beli kendaraan bermotor. Kini anda harus lebih hati-hati saat bertransaksi bertransaksi dengan calon pembeli. Sebab sekarang banyak modus penipuan yang dilakukan penjahat untuk menipu. Salah satunya, pelaku kejahatan yang berpura-pura sebagai pembeli akan membayar kendaraan itu dengan uang kerja potongan koran.

Itu sudah dilakukan SN, 30, yang menipu korbannya dengan membeli motor dan membayarnya menggunakan potongan kertas koran. Kertas koran itu digunting seukuran uang kertas pecahan Rp 100 ribu. Lalu gepokan potongan kertas koran itu dimasukkan ke dalam amplop tebal warna coklat seolah-olah berisi uang tunai untuk pembayaran.

Namun SN yang masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polsek Kembangan sejak setahun lalu berhasil diringkus massa setelah dipergoki korbannya sendiri. SN babak belur dihajar warga Kampung Pesanggarahan RW 03 Meruya Utara Kembangan Jakarta Barat yang geram dengan ulahnya.

Kanit Reskrim Polsek Kembangan Iptu Asmaro Bangun menjelaskan, penangkapan terhadap SN bermula tatkala Farid yang mejadi korban penipuan SN secara tak sengaja melihatnya pada Senin siang (28/11). 

Saat itu SN baru saja usai”bertransaksi” dengan warga Kampung Pesanggarahan Jakarta Barat. Seperti biasa, saat itu SN sedang menjalankan modus lamanya, yakni melakukan transaksi pembelian motor dengan tumpukan potongan kertas Koran yang dimasukkan ke dalam amplop tebal warna coklat.     

”Jadi korbannya itu melihat SN sedang mengendarai motor korban barunya. Farid yang juga korban penipuannya setahun yang lalu langsung meneriaki SN sehingga teriakan itu mengundang perhatian warga,” terang Bangun di Mapolsek Kembangan, Selasa (29/11).


BERITA LAINNYA