Jawa Pos Logo

Ketimbang 2 Desember, Buruh Lebih Baik Berdemo di Hari Lain

JawaPos.com - Massa dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) akan menggelar zikir dan doa bersama di Monumen Nasional. Aksi yang digelar pada 2 Desember ini disebut sebagai aksi super damai.

Di saat bersamaan, ribuan massa serikat pekerja juga berencana menggelar aksi demo di depan Istana dan Balai Kota DKI Jakarta. Polri mengimbau, agar massa buruh menunda aksinya di lain waktu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan apakah demo buruh tetap akan digelar atau tidak. Secara pribadi, Iriawan berharap demo serikat pekerja itu ditunda.

"Belum pasti (buruh akan demo 2 Desember), karena akan bergabung dengan massa juga ya. Kan lain ya, kalau buruh kan (menuntut penghapusan) PP 78. Kalau ini doa bersama," ujar Iriawan usai menggelar pertemuan tertutup di Polda Metro Jaya, Rabu (30/11) malam.

Iriawan berkata, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan sejumlah pengurus serikat pekerja yang berencana menggelar demo pada 2 Desember.

"Kami juga bertemu dengan temen buruh kalau mereka sepakat tak turun ke jalan.  Hari biasa kan lebih bagus agar pengamanan dan pelayanan (Polri) bisa menjadi lebih fokus," ucap dia.


BERITA LAINNYA