Jawa Pos Logo

RS Perang Melawan Obesitas di Supermarket. Ini Cara Unik Mereka...

JawaPos.com – Jaringan rumah sakit (RS) di Negara Bagian California memiliki cara jitu untuk memerangi obesitas. Mulai pekan ini, sejumlah rumah sakit di Kota Irvine, Orange County, menyiagakan perawat, dokter, dan ahli gizi di supermarket. Paramedis berbaju putih itu bakal memberikan masukan tentang makanan atau minuman sehat bagi konsumen yang berbelanja.

”Saya selalu tak kuasa melawan godaan soft drink,” kata Chih-I Lee, salah seorang konsumen. Menyadari kelemahannya, ibu tiga anak tersebut menjauhkan buah hatinya dari soft drink.

Sebagai bentuk penebusan dosa, dia melakukan segala cara agar anak-anaknya gemar mengonsumsi sayur-mayur. Sayang, setiap kali berada di supermarket, dia memasukkan soft drink ke keranjang belanja.

Nah, paramedis yang tergabung dalam program Shop with Your Doc itu hadir untuk membantu konsumen-konsumen supermarket seperti Lee. ”Kami mengedukasi konsumen agar memilih makanan sehat,” ujar Monica Doherty.

Perawat khusus di bidang kesehatan keluarga tersebut tidak sekadar memberikan saran dan nasihat, tetapi juga meluruskan pemahaman yang salah tentang nutrisi. Plus berbagi resep makanan sehat. Kehadiran paramedis yang peduli terhadap gaya berbelanja konsumen supermarket itu jelas menuai apresiasi positif dari masyarakat Irvine.

Apalagi, angka obesitas warga dewasa di kota berpenduduk sekitar 260 ribu jiwa tersebut mencapai 60 persen. Sementara itu, California yang sepertiga warganya masuk kategori obesitas merupakan negara bagian Amerika Serikat (AS) dengan angka obesitas tertinggi.

”Obesitas adalah kondisi yang dipengaruhi banyak hal. Salah satunya, pilihan makanan dan minuman yang tidak sehat di supermarket,’’ tutur Richard Afable, dokter yang menjabat chief executive St. Joseph Hoag Health. Rumah sakit itu menggagas Shop with Your Doc untuk memerangi obesitas. Dia meyakini bahwa edukasi nutrisi merupakan cara yang paling tepat untuk melawan obesitas. (AFP/hep/c18/any)


BERITA LAINNYA