Kamis, 30 Mar 2017
Politik

Baru Dilantik, Setnov Rencanakan Cabut Kebijakan Akom

Rabu, 30 Nov 2016 23:24

Setya Novanto

Setya Novanto (dok.JawaPos.com)

JawaPos.com - Kebijakan Ade Komarudin dimentahkan Setya Novanto yang baru saja dilantik menjadi ketua DPR. Yakni, soal moratorium kunjungan ke luar negeri bagi anggota di parlemen itu.

Setnov -sapaannya- mengaku akan kembali memberlakukan kunjungan kerja itu.

"Masalah kunker dan mengenai kebijakan-kebijakan anggota dewan, tentu kita akan jalankan sebaik-baiknya," tuturnya usai dilantik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11).

Menurutnya, kunjungan keluar negeri merupakan hak anggota yang tertuang dalam tata tertib DPR.

"Tatib sudah mengatur, saya rasa kita lanjutkan," tegas legislator daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur itu.

Sebelumnya, satu pekan dilantik sebagai ketua DPR, Ade Komarudin membuat gebrakan dengan memutuskan moratorium kunjungan kerja bagi anggota. Itu disepakati pimpinan DPR dan semua pimpijan fraksi pada 18 Januari lalu.

Larangan ke luar negeri itu termasuk studi banding yang kerap kali menjadi alasan bagi anggota DPR dalam melakukan perjalanan ke luar negeri.

Tak hanya moratorium kunker, mengurangi masa reses dari sebelumnya satu bulan menjadi hanya dua pekan.

Keputusan kala itu diambil lantaran Akom menilai fungsi legislasi dimana kinerja DPR masih kurang produktif. Menurutnya selama tahun 2015 kemarin, DPR baru mengesahkan tiga Undang-undang, dan masih ada 14 Rancangan Undang-undang (RUU) lagi yang harus diselesaikan pada tahun ini. (dna/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia