Kamis, 23 Feb 2017
Metropolitan

TPA Cipeucang Ditutup, Pemkot Tangsel Siapkan Lokasi Baru

Rabu, 30 Nov 2016 23:17

Demo TPA Cipeucang

Demo TPA Cipeucang (Tangselpos.co.id/JawaPos.com)

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menutup Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang.

Dengan penutupan tempat pembuangan sampah tingkat akhir itu, Pemkot Tangsel akan menyiapkan lokasi baru di Jatiwaringin Mauk, Kabupaten Tangerang.  

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan rencana pemindahan TPA Cipeucang ke Mauk, Kabupaten Tangerang.

Bahkan proses pemindahan TPA sudah dibicarakan dengan Pemkab Tangerang. Hasilnya akan membuat TPA secara terpusat dari daerah di Tangerang Raya yang meliputi seperti Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangsel.

"Nantinya pemusatan sampah tersebut akan berada di Jatiwaringin. Teknisnya seperti apa masih dalam pembicaraan. Kita inginnya bisa segera digarap pembahasan TPA Jatiwaringin,” kata Benyamin, Rabu (30/11).

Selain koordinasi di Tangerang Raya, imbuhnya, pembicaraan TPA Jatiwaringin juga sudah dibahas oleh Pemprov Banten. Provinsi juga harus tahu bagaimana teknis sampah terpadu ini.

Benyamin menjelaskan, setelah TPA ditutup, nantinya Cipeucang akan menjadi ruang terbuka hijau. ”Cuma sudah ada rencana akan dijadikan apa. Maunya bisa menjadi ruang terbuka hijau. Lahannya juga luas,” imbuhnya.

Sikap Pemkot Tangsel ini mendapat apresiasi dari kelompok masyarakat Tangsel. Juru bicara Aliansi Tangsel Muda, Nurul Bahari mengatakan, Pemkot Tangsel akhirnya mendengar keluhan warga Serpong, yang sudah bertahun-tahun menderita akibat buruknya pengelolaan sampah di TPA Cipeucang.

"Setelah TPA Cipeucang ditutup, tinggal memikirkan bagaimana memulihkan hak kesehatan, hak lingkungan, hak hidup nyaman warga sekitar TPA Cipeucang. Pemkot Tangsel berkewajiban menjadikan area bekas TPA kembali hijau dan bersih," ujar Nurul kepada wartawan di Serpong, Tangsel.

Dikatakannya, untuk memastikan hal itu Aliansi Tangsel Muda sebagai jejaring LSM di Tangsel akan mengawal dan mengawasi proses penutupan dan pemindahan TPA Cipeucang ke TPA Jatiwaringin, Mauk, Kabupaten Tangerang.

Untuk itu, imbuhnya, warga yang terkena dampak langsung dari TPA harus bersabar karena pemindahan TPA dari Cipeucang membutuhkan tahapan dan tidak dapat dilakukan secara instan.

"Kita pastikan TPA Cipeucang ditutup. Tangsel sebagai wilayah perkotaan memang tidak layak memiliki TPA, lihat saja DKI Jakarta, Kota Bandung dan kota-kota lainnya, tidak ada TPA. Mereka memanfaatkan daerah penyangga yang memiliki lahan jauh dari pemukiman,” jelas Nurul. (iil/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia