Jawa Pos Logo

Setnov Dilantik, PDIP Minta Jatah Kursi Pimpinan DPR

JawaPos.com - Usulan revisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD kembali muncul. Kali ini disampaikan Fraksi PDI Perjuangan dalam rapat paripurna dengan agenda pergantian ketua DPR, Rabu (30/11).

Usai menyampaikan persetujuan atas pergantian Ade Komarudin menjadi Setya Novano, juru bicara Fraksi PDIP Aria Bima mengatakan, revisi UU MD3 menjadi keinginan partai berlambang banteng itu sejak lama.

"Sejak awal pemilihan pimpinan DPR dua tahun lalu, menginginkan bagaimana proses mekanisme pemilihan pimpinan dewan ini menghargai kedaulatan partai dan fraksi dan menghargai kedaulatan rakyat yang telah memilih," tuturnya.

"Kami inginkan, kami sampaikan dalam paripurna untuk segera diadakan perubahan MD3 untuk kita susun dan bisa kita putuskan sebelum Pileg," tegasnya

Sebagai fraksi yang memiliki jumlah kursi terbesar, PDIP belum mendapatkan komposisi di pimpinan DPR. Karenanya, Aria menyampaikan perlu direvisinya UU MD3 sebagai representasi rakyat atau partai pemenang dalam Pemilu 2014.

PDIP, katanya, berharap agar pimpinan DPR nantinya menginisiasi membuat aturan dalam formasi pimpinan. "Kalau masih dimungkinkan, selaku anggota paling banyak untuk bisa, kalau masih dimungkinkan mendapat porsi pimpinan DPR," pungkasnya. (dna/JPG)

 


BERITA LAINNYA