Jawa Pos Logo

Pengeroyok Polisi Itu Divonis 6 Bulan Penjara

JawaPos.com - Pelaku pengeroyokan anggota Polda Banten bernama Ma'ariz Nurtasahud hingga luka berat divonis 6 bulan penjara. Mereka adalah Mahfudin alias Udin (30), Deni alias Kate (23), dan Kunaedi alias Gunawan (26) warga Pamarayan, Kabupaten Serang.

Putusan pidana itu dibacakan terpisah oleh majelis hakim yang diketuai Emanuel Ari Budiharjo di Pengadilan Negeri (PN) Serang, Selasa (29/11). Ketiga terdakwa langsung dinyatakan terbukti telah melanggar dakwaan Primer Pasal 170 ayat (2) ke-1 KUH Pidana.

“Oleh karena itu, menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Mahfudin dan Deni dengan pidana penjara selama 6 bulan dipotong masa tahanan,” kata Emanual saat vonis dibacakan. Hukuman pidana 6 bulan penjara juga dijatuhkan majelis hakim kepada Kunaedi.

Putusan majelis hakim lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang Subardi. JPU menuntut ketiga terdakwa dengan tuntutan pidana 8 bulan penjara.

Pertimbangannya, perbuatan ketiga terdakwa telah meresahkan masyarakat dan korbannya adalah aparat kepolisian sebagai hal memberatkan. “Hal meringankan, antara terdakwa dan korban telah berdamai, terdakwa mengakui perbuatannya,” kata Emanuel.

Diuraikan tuntuan sebelumnya, pengeroyokan terhadap seorang anggota bintara Polda Banten itu terjadi pada Sabtu malam, 6 September 2014. Saat itu, Ma'ariz Nurtasahud akan pulang ke rumahnya di Pamarayan, Kabupaten Serang, usai membina kegiatan pramuka di SMK Taji Malela di Kecamatan Paramayan.


BERITA LAINNYA