Jawa Pos Logo

Tim ITS Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

JawaPos.comCivitas academica Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) selalu punya cara untuk membuat bangga institusinya. Kali ini prestasi gemilang disumbang oleh tim robot terbang ITS.

Dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) di Universitas Lampung, 23–26 November, ITS jadi juara. Perlombaan tersebut merupakan event tahunan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Dosen pembimbing tim robot terbang ITS Rudy Dikairono mengatakan, persiapan mereka lakukan selama satu tahun. Dia bangga mahasiswa bimbingannya bisa menyabet juara dalam event bergengsi tersebut.

”Ini berkat usaha dan persiapan semua tim,” tuturnya kemarin (29/11). Tahun ini ITS mengirimkan tiga tim andalan. Yakni, Jatayu Jet_10, Bajoel Mabur, dan Soero Miber. Ada tiga kategori lomba yang diikuti.

Di antaranya, robot terbang pemadam titik api. Kemudian, ada robot terbang untuk pemetaan dengan penilaian hasil pemetaan dan pembuatan peta lokasi.

Satu lagi, robot terbang memutar dan memperhatikan pada kecepatan naik turun robot di daerah yang sudah ditentukan. Rudy merasa puas karena akhirnya kerja keras tim yang dibinanya itu mampu membuahkan hasil yang membanggakan.


BERITA LAINNYA