Jawa Pos Logo

Pesawat Sipil Mendarat Darurat, Penumpang Terjun ke Laut

JawaPos.com - Pesawat sipil mendarat darurat di bibir pantai Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Sebagian penumpang dan awak pesawat terdampar di pantai. Sebagiannya lagi, ada yang di laut.

Kaltim Pos (Jawa Pos group) Rabu (30/11) melaporkan, tim gabungan langsung bergerak cepat. Basarnas Balikpapan, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Rumah Sakit TNI AU, POM TNI AU, Rescue Team TNI AU, Penimbul Situasi, Polsek Kawasan Bandara, hingga Puskesmas Sepinggan, bergegas datang memberi pertolongan.

Dengan menggunakan mobil kebakaran, tim BPBD cepat menjinakan api pesawat yang terbakar. Sementara itu, tim rescue bergegas menyelamatkan korban dengan menggunakan perahu karet dan speed boat rescue milik Basarnas.

Puluhan korban berhasil dievakuasi ke darat. Dan, segera dibawa ke dalam mobil ambulans untuk diberi pertolongan pertama. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, puluhan korban mengalami luka parah.

Jangan kaget dulu, ini adalah rangkaian simulasi HOT Drill II Angkasa Pura SAMS. Demi mengantisipasi terjadi luka yang parah dari kecelakaan pesawat, Basarnas Balikpapan yang berkerja sama dengan Angkasa Pura SAMS menggelar latihan tanggap darurat.

"Dalam setahun, kami menggelar dua kali Hotdrill. Hal ini dilakukan, agar tim siap menghadapi emergency dalam setiap macam situasi,” kata Kepala Seksi (Kasi) Operasi Basarnas Kaltim-Kaltara Octavianto kepada Kaltim Post (Jawa Pos Group). (*/ay/rsh/k18/fab/JPG)


BERITA LAINNYA