Jawa Pos Logo

Konsumsi Buah Ini Dijamin Bebas Sembelit
BERITA TERKAIT

JawaPos.com - Masalah pencernaan seperti sembelit pasti membuat Anda kesal. Susah buang air besar itu dapat terjadi jika tubuh kurang serat. Sebetulnya banyak makanan yang dapat mengatasi masalah sembelit.

Makanan ini baik untuk lambung dan pencernaan. Tentunya makanan tersebut kaya akan serat. Konsumsi satu apel setiap hari dapat mengurangi masalah sembelit. Serat dalam apel ampuh memperbaiki usus dan pencernaan, asal dimakan dengan kulit dan keseluruhannya.
 
Blueberry juga baik mengatasi masalah sembelit. Satu cangkir segar bluberi dapat menyediakan 3,6 gram serat dan membantu sistem pencernaan lebih baik.

Buah plum juga berguna untuk melancarkan buang air besar. Plum, seperti blueberry, juga rendah kadar natrium. Hanya 2 gram natrium dalam 100 gram plum. Plum kaya vitamin K, yang membantu proses pencernaan dan mengurangi akumulasi feses.

Kacang almond baik untuk pencernaan. Almond mengandung sebanyak 11 gram serat per setiap 100 gram porsi. Kacang ini juga memiliki kandungan sodium yanf rendah, dan membantu tubuh membuang sisa kotoran di sepanjang saluran usus.

Gandum juga ampuh mengurangi masalah sembelit. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

Sayuran hijau menjadi primadona pencegah sembelit. Sayuran hijau akan kandungan serat, kalium dan magnesium. Sayuran ini membantu otot-otot berkontraksi dan mencegah sembelit.


BERITA LAINNYA