Sabtu, 27 May 2017
PEMENANG READERS CHOICE
Otomotif

Beli Rp 200 Juta, Modifikasi Rp 600 Juta

Senin, 28 Nov 2016 15:38 | editor : fimjepe

LOYALITAS: Dari kiri, Reza Aliwarga, Marketing Director Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, Supranoto Tirtodidjojo, dan Marketing Division Head Astra International Hendrayadi Lsatiyoso.

LOYALITAS: Dari kiri, Reza Aliwarga, Marketing Director Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, Supranoto Tirtodidjojo, dan Marketing Division Head Astra International Hendrayadi Lsatiyoso. (Muhammad Ali/Jawa Pos)

JawaPos.com- PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) optimistis mampu merealisasi target pangsa pasar 16 persen. Alasannya, hingga akhir Oktober, pangsa pasar Daihatsu sudah mencapai 17,5 persen.

’’Hasil sepuluh bulan di 2016 terlihat mengejutkan. Kami memang berharap hingga akhir tahun ini bisa meraih pangsa pasar 16 persen. Namun, sepertinya, hingga akhir tahun akan bisa melebihi angka itu,’’ ujar Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto Tirtodidjojo.

Penjualan Daihatsu selama 10 bulan terakhir menembus angka 150.000 unit. Penjualan ke diler (wholesales) Daihatsu mencapai 153.114 unit atau bertumbuh 9 persen bila dibandingkan periode yang sama 2015 sebesar 140.723 unit. Sementara itu, penjualan ritel Daihatsu mencapai 152.440 unit atau bertumbuh 11 persen dari Januari–Oktober 2015 sebanyak 137.172 unit.

Capaian tersebut turut mendongkrak pangsa Daihatsu di pasar otomotif nasional. Daihatsu berhasil meningkatkan pangsa pasar wholesales dari 16,5 persen pada Januari hingga Oktober 2015 menjadi 17,5 persen. Sedangkan pangsa pasar penjualan ritel meningkat dari 16,2 persen pada periode yang sama tahun lalu menjadi 17,5 persen pada 2016.

Supranoto menambahkan, pihaknya sering menggelar kegiatan untuk meningkatkan brand image Daihatsu. Hal itu pada akhirnya bisa mendongkrak penjualan hingga ke berbagai daerah. ’’Salah satunya untuk produk Sirion. Penjualannya memang tidak besar, sekitar 250 unit per bulan. Namun, support tetap harus diberikan untuk brand image Daihatsu,’’ ucapnya.

Menurut dia, tujuan Daihatsu menggelar Sirion Dress Up memang bukan jualan, tetapi untuk menggali sisi kreatif anak muda pemilik Sirion. Selain itu, diselenggarakan lomba slalom Sirion Time Battle. ’’Acara ini untuk mewadahi anak muda pencinta fanatik Sirion yang juga doyan tantangan,’’ imbuhnya.

Sirion Dress Up merupakan ajang rutin yang digelar tahunan. Untuk kali ini, ajang tersebut diadakan di 19 kota dan diikuti 166 peserta. Ajang itu digelar sepanjang periode Maret–November 2016 yang meliputi Kota Surabaya, Denpasar, Jember, Semarang, Lampung, Tangerang, Cirebon, Solo, Medan, Jogjakarta, Manado, Mataram, Malang, Balikpapan, Bandung, Palembang, Bogor, Padang, dan Jakarta.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengungkapkan, antusiasme konsumen terhadap Daihatsu Sirion sangat tinggi. Hal itu terlihat dari antusiasme peserta Sirion Dress Up. ’’Ada yang beli Sirion kurang dari Rp 200 juta, tapi biaya modifikasinya Rp 600 juta. Ini semata-mata karena cinta Sirion,’’ terangnya. (wir/c17/noe)

 

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia