Jawa Pos Logo

Pertamina Percepat Pengoperasian PLTP Lahendong

JawaPos.com TOMOHON - PT Pertamina Geothermal Energy melakukan percepatan pelaksanaan pembangunan PLTP Lahendong Unit 5 dan 6. Pembangunan dua PLTP dengan nilai investasi USD 228,7 juta rencananya beroperasi akhir tahun ini. 

”Penyelesaian proyek ini dengan lebih cepat dari target menunjukkan bahwa para pekerja Pertamina Geothermal Energy sangat menguasai kompetensinya secara komprehensif sehingga cepat dalam mengambil keputusan dan mampu melakukan terobosan di setiap lini,” ujar Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam seperti ditulis Indopos, Senin  (28/11).

Project PLTP Lahendong Unit 5 & 6 dimulai pada September 2012 dengan dilakukannya pengadaan lahan dan disusul dengan penandatangan kontrak engineering, procurement, construction, commissioning (EPCC) PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 berkapasitas 2x20 MW pada 01 Desember 2014. 

Commercial operation date (COD) PLTP Lahendong Unit-5 berhasil dimulai pada 15 September 2016, atau 107 tujuh hari lebih cepat dari perencanaan awal pada 26 Desember 2016.

Adapun, PLTP Lahendong Unit 6 diharapkan selesai pada Desember 2016 yang sekaligus menjadi hadiah ulang tahun bagi Pertamina. ”Jika target tersebut tercapai, jauh lebih cepat dari rencana COD yang semula diharapkan pada Juni 2017,” katanya.

Syamsu Alam  memberi apresiasi kepada Pertamina Geothermal Energy yang mampu menuntaskan proyek jauh lebih cepat dari target sekaligus membuktikan kemampuan dan kompetensi para pekerja dalam menuntaskan proyek penting tersebut. 


BERITA LAINNYA